Dasar hukum pelayanan informasi publik
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Unduh Disini - Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Unduh Disini - Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Unduh Disini - Peraturan Komisi Informasi No. 1 Tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik
Unduh Disini - Permenristekdikti 75 Tahun 2016 Tentang Layanan Informasi Publik Di Lingkungan Kemenristekdikti
Unduh Disini - Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2020 Tentang Layanan Informasi Publik Di Kementerian Pendidikan
Unduh Disini - Tim Pengelola Layanan Informasi Publik di Lingkungan Politeknik Negeri Batam Tahun 2021
Unduh Disini
VISI
Terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
MISI
- Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas
- Membangun dan mengembangkan sistem penyediaan dan layanan informasi
- Meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia
Struktur Organisasi

Tugas dan Wewenang PPID
- Mengumpulkan, menyediakan, menyimpan, mendokumentasikan, dan mengamankan informasi;
- Memberikan layanan informasi publik yang cepat, tepat, dan sederhana yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
- Menetapkan prosedur operasional penyebarluasan Informasi Publik;
- Menetapkan klasifikasi dan daftar Informasi Publik dan/atau mengubahnya
- Mengusulkan daftar informasi dan dokumentasi yang dikecualikan untuk melakukan pengujian konsekuensi oleh PPID Kementerian
- Mereviu konten informasi yang dipublikasikan melalui berbagai media yang digunakan
- Memonitor layanan informasi informasi publik yang terdapat di berbagai media
- Menetapkan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil dalam memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik; dan
- Menyusun dan menyampaikan laporan pelaksanaan pelayanan informasi publik kepada PPID Kementerian secara berkala paling sedikit satu kali dalam setahun
Sertifikat Penghargaan Kategori Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri Cukup Informatif Anugerah Informasi Publik 2018 dari Komisi Informasi Pusat (KIP)

- Akta Pendirian Yayasan Pendidikan Batam 30 Mei 2000
Unduh Disini - Pernyataan Keputusan Rapat Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Batam
Unduh Disini - SK Pendirian Politeknik Batam di Batam & Pemberian Status Terdaftar Kepada 3 (TIGA) Prodi untuk Alih Jenjang Pendidikan, dll
Unduh Disini - SK Mendikbud RI Tentang Pengangkatan Direktur Politeknik Negeri Batam Periode 2020-2024
Unduh Disini - SK Menristekdikti RI tentang Pejabat Perbendaharaan pada Politeknik Negeri Batam untuk Anggaran tahun 2018
Unduh Disini - Keputusan Direktur Politeknik Negeri Batam tentang Struktur Organisasi Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Peraturan Direktur Politeknik Negeri Batam Nomor 002 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Biaya Pendidikan yang Ditanggung Mahasiswa Di Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Peraturan Direktur Tentang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Pedoman Pembelajaran Mahasiswa Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Kalender Akademik Politeknik Negeri Batam Periode TA 2020/2021
Unduh Disini - SK Tentang Standar Mutu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Peraturan Direktur Tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Pengangkatan Pengurus /Penyimpan Barang Milik Negara Tingkat Kuasa Pengguna Barang Politeknik Negeri Batam Tahun Anggaran 2021
Unduh Disini - SK Kuasa Pengguna Anggaran Politeknik Negeri Batam Nomor 001/K/PL.29/I/2021 Tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Keuangan Politeknik Negeri Batam Tahun Anggaran 2021
Unduh Disini - Pedoman Kepegawaian UU No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN
Unduh Disini - SK Tentang Penetapan Tim Pelaksana Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Polibatam
Unduh Disini - Sertifikat ISO 9001-2015 tahun 2018 Polibatam
Unduh Disini
- Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Direktur Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Wakil Direktur I Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Wakil Direktur II Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Wakil Direktur III Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Laporan Data Statistik Komposisi Pegawai Politeknik Negeri Batam Per Maret 2020
Unduh Disini - Laporan Realisasi Anggaran Satuan Kerja Polibatam untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 2019 dan 2018
Unduh Disini - Laporan Neraca Satuan Kerja Polibatam untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 2019 dan 2018
Unduh Disini - Laporan Perubahan Ekuitas Satuan Kerja Polibatam untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 2019 dan 2018
Unduh Disini - Laporan Neraca Konsolidasi Satuan Kerja Polibatam untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 2019
Unduh Disini - Laporan Neraca Konsolidasi Satuan Kerja Polibatam untuk Tahun yang Berakhir 31 Desember 2019 dan 2018
Unduh Disini - Indikator Kinerja Utama Politeknik Negeri Batam Tahun 2020
Unduh Disini - Perjanjian Kinerja Eselon 1 dan Eselon 2 Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Rencana Aksi Perjanjian Kinerja Tahun 2020
Unduh Disini
- Data Mahasiswa Polibatam Berdasarkan Jenis Kelamin Angkatan 2016-2020
Unduh Disini - Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2020
Unduh Disini - Rencana Strategis Politeknik Negeri Batam Tahun 2020-2024
Unduh Disini - Perjanjian Kinerja Direktur Politeknik Negeri Batam Tahun 2021 dengan Unit Eselon 1 Kemdikbudristek
Unduh Disini - Rencana Kinerja Tahun 2021 Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Rencana Aksi Tahun 2021 Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini - Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2021
Unduh Disini - Laporan Kinerja Politeknik Negeri Batam Tahun 2021
Unduh Disini - Peraturan Direktur Nomor 010 Tahun 2021 tentang Pedoman Pembalajaran Mahasiswa Politeknik Negeri Batam
Unduh Disini
TATA CARA MENDAPATKAN INFORMASI PUBLIKta Cara Mendapatkan Informasi Publik
Mekanisme Layanan Permohonan/Permintaan Informasi:
a) PERSYARATAN
- Warga Negara Indonesia;
- Mengisi Formulir Permintaan Informasi Publik ;
- Menunjukan KTP dan melampirkan Fotocopy KTP;
- Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik dengan mencantumkan sumber dari mana ia memperolah Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
b) PROSEDUR
- Setiap pemohon Informasi Publik dapat mengajukan permintaan untuk memperoleh Informasi Publik kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi terkait secara tertulis atau tidak tertulis disertai alasan permintaan tersebut
- Permintaan disampaikan secara langsung atau melalui surat elektronik, nomor pendaftaran diberikan saat penerimaan permintaan.
- Permintaan disampaikan melalui surat, pengiriman nomor pendaftaran dapat diberikan bersamaan dengan pengiriman informasi.
c) MEKANISME
- Pemohon Informasi datang ke desk layanan informasi, mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotocopy KTP pemohon dan penggunaan informasi;
- Petugas memberikan tanda tanda bukti penerimaan informasi Publik berupa nomor pendaftaran pada saat permintaan diterima, dan telah ditandatangani oleh petugas
- Petugas Memperoses Permintaan Permohonan Informasi Publik sesuai dengan formulir permintaan informasi Publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik;
- Petugas menyerahkan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna Informasi Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada pengguna informasi publik dan pengguna mendatanganinya.
- Jika informasi yang diminta masuk dalam katagori dikecualikan PPID menyampaikan alasan sesuai dengen ketentuan peratuan perundang-undangan yang berlaku;
- Silahkan mengisi formulir yang tersedia di bawah ini dan silahkan sampaikan kembali ke Pusat Informasi Politeknik Negeri Batam
Download Formulir Informasi Publik
MEKANISME PENGAJUAN KEBERATAN
- Pemohon informasi publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada Atasan PPID paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah ditemukannya alasan sebagai berikut:
- Penolakan atas permohonan informasi publik;
- Tidak disediakannya informasi berkala;
- Tidak ditanggapinya permohonan informasi publik;
- Permohonan informasi publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
- Tidak dipenuhinya permohonan informasi publik;
- Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
- Penyampaian informasi publik yang melebihi waktu yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.
- Dalam hal pengajuan keberatan disampaikan secara tidak tertulis, Tim Sekretariat PPID mengarahkan Pemohon Informasi Publik yang mengajukan keberatan atau pihak penerima kuasa untuk mengisi formulir keberatan sesuai format
- Dalam mengajukan keberatan, pemohon wajib menyertakan identitas pemohon yang sah sebagaimana syarat dalam permohonan informasi
- Pemohon Keberatan harus menyertakan dokumen sebagai berikut:
- Surat tanggapan/jawaban permohonan informasi dari PPID
- Formulir tanda terima permohonan informasi (dalam hal tidak ditanggapinya permohonan informasi)
- Tim Sekretariat PPID wajib memberikan salinan formulir keberatan disertai nomor registrasi keberatan kepada Pemohon Informasi Publik yang mengajukan keberatan atau kuasanya sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
Unduh Borang Keberatan Informasi Publik
Tata Cara Penyelesaian Sengketa di Komisi Informasi

Jadwal Layanan Informasi Publik
Dalam memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi PPID menetapkan waktu pemberian Pelayanan Informasi Publik. Di kampus Politeknik Negeri Batam penyelenggaraan Pelayanan Informasi Publik dilaksanakan pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat.
- Senin – Kamis: 08.00 – 13.00 WIB dan 14.00 -17.00 WIB | Istirahat : 13.00-14.00 WIB
- Jum’at: 09.00 – 11.30 WIB dan 13.30 – 17.00 WIB | Istirahat : 11.30 – 13.30 WIB
Jangka Waktu Penyelesaian
- Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
- Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
- Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon informasi publik dilakukan secara langsung, melalui email, fax, burning CD, copy flashdisk ataupun jasa pos;
Standar Biaya Layanan
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya), sedangkan untuk penggandaan, pemohon/pengguna informasi publik dapat melakukan penggandaan/fotocopy sendiri disekitar Kantor Badan Publik (PPID) setempat atau biaya penggandaan ditanggung atau juga membawa sendiri flashdisk untuk media menyimpan data yang diminta oleh Pemohon Informasi.
Survey Layanan
- Survey Layanan Humas dan Protokoler
Silahkan Isi Kuesioner Online - Survey Layanan Informasi Publik
Silahkan Isi Kuesioner Online - Survey Kepuasan Layanan PAKET
Silahkan Isi Kuesioner Online
Wilayah Zona Integritas Polibatam
Layanan Pengaduan
- Layanan pengadukan pusat dari pengguna (stake holder) layanan kampus Politeknik Negeri Batam, silahkan menghubungi website: https://www.lapor.go.id/
- Layanan pengaduan lokal dari pengguna (stake holder) layanan kampus Politeknik Negeri Batam, silahkan hubungi nomor Hotline 0811 777 8711
Akreditasi Perguruan Tinggi Politeknik Negeri BatamTerkait dengan akreditasi perguruan tinggi, sebelumnya perlu kami informasikan bahwa Politeknik Negeri Batam terakreditasi pertama kali pada tanggal 24 April 2018. Sebelum tanggal tersebut, status akreditasi Polibatam adalah “Akreditasi Minimum”.
- Surat Sertifikat Terbaru ISO 9001:2015, Unduh Disini
- Surat Keterangan Akreditasi Polibatam Tahun 2003-2018, Unduh Disini
- Surat Keterangan Akreditasi Polibatam Tahun 2018-2023, Unduh Disini
Program Studi Teknik Informatika Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi IF Tahun 2004-2009, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi IF Tahun 2010-2015, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi IF Tahun 2015-2020, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi IF Tahun 2020-2025, Unduh Disini
Program Studi Teknik Geomatika Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi GM 2018-2023, Unduh Disini
Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi MJ Tahun 2013-2018, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi MJ Tahun 2018-2023, Unduh Disini
Program Studi Akuntansi Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AK Tahun 2004-2009, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AK Tahun 2010-2015, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AK Tahun 2015-2020, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AK Tahun 2020-2025, Unduh Disini
Program Studi Administrasi Bisnis Terapan Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AB Tahun 2014-2019, Unduh Disini
- SK Status dan Peringkat Akreditasi Program Studi Administrasi Bisnis Terapan, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AB Tahun 2021-2026, Unduh Disini
Program Studi Akuntansi Manajerial Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AM Tahun 2014-2019, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi AM Tahun 2019-2024, Unduh Disini
Program Studi Teknik Elektronika Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi EL Tahun 2004-2009, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi EL Tahun 2011-2016, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi EL Tahun 2015-2020, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi EL Tahun 2020-2025, Unduh Disini
Program Studi Teknik Elektronika Manufaktur Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi EM Tahun 2019-2024, Unduh Disini
Program Studi Teknik Instrumentasi Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi IN Tahun 2021 – 2026, Unduh Disini
Program Studi Teknik Mekatronika Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi MK Tahun 2013-2018, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi MK Tahun 2018-2023, Unduh Disini
Program Studi Teknik Mesin Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi MS Tahun 2014-2019, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi MS Tahun 2018-2023, Unduh Disini
Program Studi Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal Download Disini
- Sertifikat Akreditasi KP Tahun 2013-2018, Unduh Disini
- Sertifikat Akreditasi KP Tahun 2019-2024, Unduh Disini
Program Studi Teknik Perawatan Pesawat Udara
- Sertifikat Akreditasi TPPU Tahun 2021-2026, Unduh Disini
Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti ) Perihal Kualifikasi Diploma 4 (D-IV) sama dengan Sarjana (S1), Silahkan Unduh
Apabila diperlukan legalisir akreditasi bisa mengajukan secara online pada website berikut ini: http://paket.polibatam.ac.id/