Pendidikan Vokasi

Polibatam menyelenggarakan sistem pendidikan vokasi pada jenjang Diploma 3 dan Sarjana Terapan (D4) melalui berbagai macam kelas & program studi. Saat ini, sistem pembelajaran di Polibatam diimplementasikan melalui metode Problem, Project, dan Product Based Learning (PBL) yang bermitra langsung dengan lembaga industri dan pemerintah.

4
Jurusan


20
Program Studi


5000+
Lulusan


D4 Sarjana Terapan dan S1 merupakan jenjang pendidikan tinggi yang setara

Sistem Akademik Polibatam

Kelas Reguler Pagi

Kelas Reguler pagi adalah Program Perkuliahan yang diselenggarakan di kampus utama Politeknik Negeri Batam dan diikuti oleh mahasiswa secara penuh waktu pada program studi yang telah dipilih. Waktu Perkuliahan dilaksanakan senin-jum’at dimulai pada jam 7:50 – 17:00 WIB. Periode pendidikan secara normal diselesaikan 6 semester (3 tahun) untuk program diploma 3, dan 8 semester (4 tahun) untuk program sarjanan terapan. Pembelajaran teori sepenuhnya dilaksanakan secara online, baik sinkron maupun asinkron. Sementara pembelajaran praktek secara umum dilaksanakan dengan metode pembelajaran Project/Product/Problem Based Learning (PBL), yang dilaksanakan di workspace, workshop, dan laboratorium di kampus atau di Industri.

Kelas Reguler Malam

Kelas Reguler Malam adalah Program Perkuliahan yang diselenggarakan di kampus utama Politeknik Negeri Batam dan diikuti oleh mahasiswa secara penuh waktu pada program studi yang telah dipilih. Waktu Perkuliahan dilaksanakan senin-jum’at dimulai pada jam 18:30 – 23:00 WIB. Kelas perkuliahan ini dibuka untuk memfasilitasi mahasiswa yang sudah bekerja (karyawan) dan ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Periode pendidikan secara normal diselesaikan 6 semester (3 tahun) untuk program diploma 3, dan 8 semester (4 tahun) untuk program sarjanan terapan. Pembelajaran teori sepenuhnya dilaksanakan secara online, baik sinkron maupun asinkron. Sementara pembelajaran praktek secara umum dilaksanakan dengan metode pembelajaran Project/Product/Problem Based Learning (PBL), yang dilaksanakan di workspace, workshop, dan laboratorium di kampus atau di Industri.

Kelas Batamindo

Kelas Batamindo adalah Program Perkuliahan yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Batam di kampus Kawasan industri Batamindo dan diikuti oleh mahasiswa secara penuh waktu pada program studi yang telah dipilih. Waktu Perkuliahan dilaksanakan senin-jum’at dimulai pada jam 18:30 – 23:00 WIB. Kelas perkuliahan ini dibuka untuk memfasilitasi mahasiswa yang sudah bekerja (karyawan) yang berada di sekitar Kawasan Industri Batamindo dan ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Periode pendidikan secara normal diselesaikan 6 semester (3 tahun) untuk program diploma 3, dan 8 semester (4 tahun) untuk program sarjanan terapan. Pembelajaran teori sepenuhnya dilaksanakan secara online, baik sinkron maupun asinkron. Sementara pembelajaran praktek secara umum dilaksanakan dengan metode pembelajaran Project/Product/Problem Based Learning (PBL), yang dilaksanakan di workspace, workshop, dan laboratorium di kampus atau di Industri.

Credit Transfer & Credit Earning

Credit transfer/earning merupakan fasilitas yang disediakan oleh Politeknik Negeri Batam untuk mendukung merdeka belajar untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan passion dan minat mahasiswa dimasa depan serta mendorong terwujudnya “link & Super-match” antara Politeknik Negeri Batam dan Industri.  Transfer Kredit (credit transfer) adalah kredit Mata Ajar yang diberikan oleh penyelenggara pendidikan lain dan diakui serta disetarakan dengan Sistem Satuan Kredit semester yang berlaku di Politeknik Negeri Batam, sementara Perolehan Kredit (credit earning) adalah kredit yang diberikan kepada peserta didik melalui Program Perolehan Kredit Akademik Politeknik Negeri Batam terhadap suatu Mata Ajar yang diikuti.


Sistem Pembelajaran Polibatam

Blended Learning

Blended learning atau pembelajaran campuran merupakan sistem pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka, tatap maya, mandiri, dan kolaboratif. Pembelajaran ini didukung oleh learning management system (LMS), teknologi informasi, dan multimedia yang inovatif dalam mengelola kegiatan pembelajarannya. Sistem ini dijalankan untuk mengefektifkan waktu pembelajaran dan meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam belajar. Blended learning digunakan untuk menduking metode pembelajaran Project/Product/Problem Based Learning (PBL) di Politeknik Negeri Batam.

Dual System Learning

Dual System adalah program magang di dunia kerja (industri) dua semester bagi mahasiswa tahun akhir di Politeknik Negeri Batam. Program magang ini dijalankan untuk meningkatkan relevansi pendidikan Politeknik dengan kebutuhan dunia kerja. Mahasiswa dididik langsung oleh praktisi industri di lingkungan industri agar dapat meningkatkan kemampuan softskills, baik personal maupun interpersonal skills yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Secara normal, program dual system dijalankan pada semester 5-6 untuk program Diploma 3, dan semester 7-8 untuk program sarjana terapan.

Rekognisi Pembelajaran Lampu (RPL) Mahasiswa & Dosen Praktisi

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah proses pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang dicapai sebelumnya baik melalui pendidikan formal, nonformal, informal atau pelatihan-pelatihan terkait dengan pekerjaannya maupun dilakukan secara otodidak melalui pengalaman kerjanya. Program ini bisa digunakan pada level 3 KKNI (program D1) sampai dengan jenjang kualifikasi KKNI level 9 (Program Doktor). Program ini untuk mendorong perguruan tinggi dalam memberikan kesempatan atau akses kepada masyarakat selaku calon mahasiswa yang telah memiliki Capaian Pembelajaran atau kompetensi yang diperoleh dari pendidikan formal sebelumnya, pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dimana calon mahasiswa tidak perlu mengambil seluruh sks pada program studi yang diminati.

Layanan Informasi Akademik

Hubungi kami untuk seputar pertanyaan informasi akademik polibatam.