A. Sekilas Tentang Kampus Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam (Polibatam) merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Vokasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Selain terletak di salah satu kawasan pusat pertumbuhan ekonomi nasional, Polibatam juga terletak di wilayah terdepan dan terluar wilayah Negara Kesatuan republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan internasional. Pada awalnya Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam. Dengan demikian mulai Tahun akademik 2011/2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam adalah mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.

Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya, proses pendidikan Polibatam didukung infrastruktur gedung yang sangat memadai. Gedung bebas asap rokok tersebut, berdiri kokoh diatas lahan seluas 12,5 Ha di pusat kota Batam, Batam Center. Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan. Fasilitas digedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditroium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang.

Politeknik Negeri Batam juga berupaya memperbanyak program beasiswa prestasi baik akademik maupun non-akademik serta bantuan pembiayaan kuliah sehingga dapat meningkatkan motivasi bagi para calon mahasiswa maupun mahasiswa dalam menimba ilmu dan mengasah skill secara sungguh sungguh selama mengikuti proses pembelajaran. Beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif mulai tahun 2011 antara lain : Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa PMDK, Beasiswa UMPN, Beasiswa Ujian Lokal, Beasiswa Bridging SMK, Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Bantuan Belajar, Beasiswa Prestasi Minat dan Bakat, dan Beasiswa Dari Industri/Pemda.

Politeknik Negeri Batam dalam perkembangannya mengalami beberapa kali perubahan status, pada awal berdirinya pada tahun 2000, Otorita Batam sebagai institusi yang melahirkan Politeknik Batam bersama 3 institusi, Institut Teknologi Bandung (ITB), Pemerintah Kota Batam (Pemko Batam), dan Universitas Riau (UNRI). Dasar Pendirian Politeknik Batam dengan Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, Tgl 30 Mei 2000 No 115 Yayasan Pendidikan Batam kemudian mendirikan Politeknik Batam. Gedung Pertama masih di Gedung Tongkang Pertamina di Batu Ampar.

Tahun 2001 Peresmian & Penandatanganan Prasasti Politeknik Batam oleh Mendiknas Dr. Yahya Muhaimin. Pada Tahun 2003 baru dimulai pendirian gedung Politeknik Batam di Batam Centre. Pada acara peletakan batu pertama pendirian gedung Polibatam dilakukan oleh bapak Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bapak Prof. Malik Fajar. Wisuda angkatan pertama Polibatam juga pada tahun 2003.

Pada tahun 2004 ketiga program studi Teknik Informatika, Akuntansi, dan teknik Elektronika mendapatkan akreditasi B. Akreditasi 3 Program Studi, seluruh program studi memperoleh akreditasi B (007/Ban-PT/Ak-IV/Dipl-III/VII/2004).

Sejak tahun 2005 kegiatan belajar mengajar mulai Pindah di gedung kampus baru Politeknik Batam di Batam Center. dan pada tahun 2006 secara resmi gedung Politeknik Batam diresmikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kampus Polibatam mendapatkan ISO 9001:2000 pada tahun 2006 dilakukan penerapan sistem manajemen mutu dan ISO 9001:2000.

Jejak Langkah 2007

Penyesuaian Nama 3 program studi di Politeknik Batam menjadi D-3 Akuntansi, D-3 Teknik Elektronika, D-3 Teknik Informatika dibawah Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Jejak Langkah 2008

Peleburan Politeknik Batam menjadi Fakultas Teknik UMRAH

Jejak Langkah 2009

  • Pengaktifan kembali Politeknik Negeri Batam dan berdiri sendiri terpisah dari UMRAH ( SK Mendiknas no 55/D/O/2009)
  • Perpanjagan ulang ijin penyelenggaraan 3 Program Studi di Politeknik Batam (3263/D/T/K-X/2009, 3264/D/T/K-X/2009, 3436/D/T/K-X/2009

Jejak Langkah 2010

  • Re-Sertifikat pertama dan migrasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008
  • Perubahan status Politeknik Batam dari PTS menjadi PTN (Permendiknas No 26 tahun 2010)
  • Re-Akreditasi 3 program studi dengan borang baru, seluruh program studi memperoleh Akreditasi B ( No 26/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/XIII/2010, No 35/BAN-PT/Ak-X/Dipl-III/II/2011 )

Jejak Langkah 2011

  • Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono Meresmian Penegerian Politeknik Batam menjadi Politeknik Negeri Batam di Papua
  • Memperoleh penugasan dari Dirjen DIKTI untuk membuka 5 Program Studi baru; D-4 Teknik Mekatronika, D-4 Teknik Multimedia & Jaringan, D-4 Akuntansi   Manajerial, D-4 Administrasi Bisnis dan D-3 Teknik Mesin, dan penerapan  program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) untuk Program Studi Informatika.

Jejak Langkah 2016

Mendapat ijin Penyelengaraan 3 Prodi Baru: Manufaktur Elektronika, Geomatika, Perkapalan.

Jejak Langkah 2017

Mendapat ijin Penyelengaraan 3 Prodi Baru: Perawatan Pesawat, Robotika dan Instrumentasi.

Jejak Langkah 2018

Mendapat ijin Penyelengaraan 1 Prodi Baru: Animasi dan proses pengajuan untuk 4 prodi yaitu;

  • Logistik
  • S2 Terapan  Komputer
  • Teknik Pembangkit
  • Teknik Desain

Jejak Langkah 2019

Tahun 2019, merupakan tahun kelimaatau tahun terakhir Politeknik Negeri Batam melaksanakan Rencana Strategis (Renstra) 2015-2019 yang telah disesuaikan dengan Renstra Kemenristekdikti 2015-2019.

B. Program Studi di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam membuka pendaftaran program Diploma III dan program Sarjana Terapan melalui jalur UMPB. Program  pendidikan  Diploma  III  dapat diselesaikan  oleh  mahasiswa  berkemampuan  normal  secara  tepat  waktu,  sesuai  dengan kurikulum selama 6 (enam) semester, untuk meraih gelar vokasi ahli madya.  Sedangkan program  Sarjana Terapan dapat  diselesaikan  oleh  mahasiswa  berkemampuan  normal  secara  tepat  waktu  sesuai  dengan  kurikulum selama 8 (delapan) semester untuk meraih gelar Sarjana Terapan (S.Tr) dan diikuti dengan inisial pohon dalam rumpun ilmu pengetahun dan teknologi atau inisial nama program studi.

C. Jurusan Di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam, terdiri dari 4 Jurusan yang terdiri dari 19 Program studi baik Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan, serta 1 program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) Program Studi Teknik Informatika.
Adapun Jurusan Tersebut yaitu:
1. Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari Program studi Teknik Mesin (D3), Perawatan Pesawat Udara (D3), Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal (D3).
2. Jurusan Teknik Elektronika, terdiri Program studi Teknik Elektronika (D3), Teknik Instrumentasi (D3), Elektonika Manufaktur  (D3), Teknik Robotika (Sarjana Terapan), Teknik Mekatronika (Sarjana Terapan) dan Teknik Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi (Sarjana Terapan).
3. Jurusan Teknik Informatika, terdiri dari Program studi Teknik Geomatika (D3), Teknik Informatika (D3) dan Teknik Multimedia dan Jaringan (Sarjana Terapan), Animasi (D4) dan Rekayasa Keamanan Siber (Sarjana Terapan).
4. Jurusan Manajemen Bisnis, terdiri dari Program studi Akuntansi (D3), Akuntansi Manajerial (Sarjana Terapan) dan Administrasi Bisnis Terapan (Sarjana Terapan), Logistik Perdagangan Internasional (Sarjana Terapan), dan Business Administration (International Class Program) (Sarjana Terapan).
5. Lanjut Jenjang, Terdiri dari Akuntansi Manajerial (Sarjana Terapan), Administrasi Bisnis Terapan (Sarjana Terapan),  Teknik Multimedia dan Jaringan (Sarjana Terapan), dan Mekatronika (Sarjana Terapan).

D. Jadwal Kuliah di Politeknik Negeri Batam
Politeknik Negeri Batam saat ini membuka dua kelas perkuliahan yaitu;
1. Kelas Reguler (Pagi), Jadwal Perkuliahannya mulai pukul 08.00 – 16.20 WIB dari hari Senin hingga hari Jum’at.
2. Kelas Karyawan (Malam), Jadwal Perkuliahannya mulai pukul 18.50 – 23.00 WIB dari hari Senin hingga hari Jum’at.

E. Sumber Daya Manusia di Politeknik Negeri Batam

Sumber daya manusia yang mendukung proses pembelajaran dan layanan, Politeknik Negeri Batam didukung oleh 359 orang pegawai yang terdiri dari 183 orang dosen tetap dan 176 orang tenaga kependidikan. Selain itu terdapat 65 orang tenaga swakelola di bidang pengamanan dan kebersihan.

Untuk dosen belum termasuk dosen paruh waktu dan dosen praktisi industri yang terlibat dengan jumlah 48-50 orang per tahunnya. Sedangkan untuk jumlah tenaga kependidikan tersebut, 56 orang diantaranya adalah pranata laboran pendidikan yang mendukung kegiatan proses pembelajaran praktek. Dari status pegawai, terdapat 108 dosen berstatus PNS dan CPNS atau 59% dari total 183 dosen tetap, hanya 20 tenaga kependidikan berstatus PNS dan CPNS atau hanya 11 % dari total jumlah 176 tenaga kependidikan

F. Jumlah Mahasiswa Aktif di Politeknik Negeri Batam Tahun Ajaran 2018/2019
Adapun jumlah total mahasiswa yang aktif hingga tahun ajaran 2018/2019 adalah 5450 Mahasiswa, baik kelas reguler pagi dan reguler malam.
Sedangkan lulusan yang telah dihasilkan sejak berdiri tahun 2000, mencapai 4567 lulusan yang telah berkarya dan tersebar di berbagai industri dan lembaga pemerintah

G. Akreditasi Institusi dan Program Studi

Pada tahun 2018, Politeknik Negeri Batam telah mendapatkan akreditasi institusi dengan predikat B.

  • Akreditasi A yaitu program D3 Akuntansi dan Teknik Mekatronika.
  • Akreditasi B yaitu program D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektronika, D3 Teknik Informatika, D3 Teknik Geomatika, D3 Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, D3 Teknik Elektronika Manufaktur, Akuntansi Manajerial, Administrasi Bisnis dan Teknik Multimedia dan Jaringan.
  • Prodi Baru yang mulai berjalan dan baru akan diakreditasi tahun 2019-2020  Akreditasi C yaitu , D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara,  D3 Teknik Instrumentasi, Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi, Animasi, Teknik Robotika, Logistik Perdagangan Internasional.

H. Kinerja Institusi Politeknik Negeri Batam

  1. Tahun 2006-2008 yaitu ; ISO 9001, Quality Management System, URS dan BNSP Award.
  2. Tahun 2014 yaitu Best Excellent Smart Campus, Tesca dan Polytechnic Education Development Program (PEDP).
  3. Tahun 2016 yaitu Approval of Aircraft Maintenance Training Organization.
  4. Tahun 2017-2018 yaitu Program Revitalisasi Politeknik, Second Best Polytechnic Green Campus, TUV, The Best Accounting Assessment Center dan Akreditasi Institusi B.
  5. Terbaik 2 Kategori Hubungan Media (Media Relations) Anugerah Humas PTN 2019.
  6. Terbaik 3 Kategori Medi Sosial (Sosial Media) Anugerah Humas PTN 2019.
  7. Juara Harapan Kategori Laman (Website) Anugerah Humas PTN 2019.
  8. Anugerah Informasi Publik Komisi Informasi Pusat Kategori (KIP) 2018, Badan Publik Perguruan Tinggi Negeri Cukup Informatif.
  9. Terbaik 2 Kategori Hubungan Media Politeknik Negeri, Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemenristekdikti 2018.
  10. Terbaik 3 Kategori Media Sosial Politeknik Negeri, Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemenristekdikti 2018.
  11. Terbaik 2 Kategori Hubungan Media Politeknik Negeri, Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemenristekdikti 2019.
  12. Terbaik 3 Kategori Media Sosial Politeknik Negeri, Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemenristekdikti 2019.
  13. Juara Harapan Kategori Website (Laman) Politeknik Negeri, Anugerah Humas Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Kemenristekdikti 2019.
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram