Polibatam Berpartisipasi Dalam Pelatihan Guru SMP Bersama Bebras Indonesia Dan Google.org

POLIBATAM-Pada tanggal 9 – 14 Maret 2023 telah diadakan kegiatan pelatihan guru SMP di Politeknik Negeri Batam. Kegiatan pelatihan guru ini merupakan bagian dari Gerakan Pandai 2 tahun 2023 yang dilaksanakan bersama Bebras Indonesia dan didukung oleh Google.org . Politeknik Negeri Batam menjadi pelaksana Gerakan Pandai 2 untuk wilayah Batam dengan dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Kota Batam. Gerakan ini bertujuan untuk memperkenalkan kemampuan Computational Thinking (CT) dan High Order Thinking Skills (HOTS) kepada siswa dengan memasukkan CT dan HOTS tersebut ke dalam materi mata pelajaran.

Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru SMP se-Kota Batam sebanyak 210 guru pengajar mata pelajaran IPA, Matematika, Informatika, dan Bahasa Indonesia. Jumlah guru yang mengikuti pelatihan tahun 2023 ini mengalami peningkatan empat kali lipat jika dibandingkan dengan data tahun 2022. Hal ini menunjukkan antusiasme para guru dalam mengikuti kegiatan pengenalan CT dan HOTS.

Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari atau setara dengan 32 jam pelajaran. Pelatihan tersebut dilaksanakan secara hybrid yang terbagi menjadi kegiatan luring atau tatap muka yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam serta aktivitas yang dilakukan secara mandiri oleh para peserta di tempat masing-masing.

Dari kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan, diharapakan dapat menjadi bekal bagi para guru untuk dapat menerapkan metode Computational Thinking (CT) dan High Order Thinking Skill (HOTS) ke dalam pembelajaran siswa-siswi di sekolahnya. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Google Pandai dengan menerapkan metode Computational Thinking (CT) dan High Order Thinking Skill (HOTS).

KampusPBL #Bebras #GoogleOrg #Polibatam #GuruBatam #Polibatam