Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan


TENTANG PROGRAM STUDI

Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan (Sebelumnya D3 Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal) adalah salah satu program studi di Politeknik Negeri Batam yang berada di bawah Jurusan Teknik Mesin. Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan (Program Sarjana Terapan) merupakan program studi hasil transformasi atau peningkatan jenjang dari jenjang diploma tiga (D3) menjadi sarjana terapan (D4) tahun 2022. Program studi sebelumnya yaitu D3 Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal telah ada di Politeknik Negeri Batam sejak tahun 2014 sebagai salah satu konsentrasi di Program D3 Studi Teknik Mesin. Program studi ini resmi berdiri melalui pada tahun 2015 dan telah terakreditasi B oleh BAN-PT pada tahun 2018. Program studi ini telah memiliki alumni yang bekerja berbagai perusahaan nasional maupun multinasional baik didalam maupun diluar negeri.

Gambar 1. Perkembangan Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan

Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan berdiri untuk memenuhi tingginya kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang perkapalan baik ditingkat lokal maupun nasional di Indonesia. Lulusan Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dibekali dengan pengetahuan dan kompetensi dibidang perkapalan yang memiliki prospek kerja di berbagai bidang di industri perkapalan (maritime industry) seperti:

  1. Galangan kapal (shipyard)
  2. Marine Consultant
  3. Marine Supporting Industry: Material and Component Industry
  4. Shipping Company/Agency
  5. Offshore Fabrication
  6. Enterpreunership

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

CPL Prodi Kapal mengacu ke kualifikasi pendidikan Engineering Technologist (Sidney Accord)
1) Mampu untuk bekerja secara efektif dalam menjalankan berbagai tugas, baik sebagai individu maupun sebagai anggota atau pemimpin tim yang inklusif, multidisipliner, dan beragam dalam berbagai lingkungan kerja.

2) Mampu untuk menemukan, memilih, dan mengorganisasi data yang relevan dari kode, basis data, dan literatur, serta merancang dan melakukan eksperimen untuk menghasilkan kesimpulan yang sah dalam investigasi permasalahan teknik yang didefinisikan secara luas.

3) Mampu untuk menerapkan komunikasi tertulis, lisan, dan grafis secara efektif dan inklusif kepada berbagai komunitas dan lingkungan teknik yang didefinisikan secara luas, dengan mempertimbangkan perbedaan budaya, bahasa, dan gaya belajar.

4) Mampu untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen rekayasa pada proyek, baik sebagai anggota maupun pemimpin dalam tim multidisipliner.

5) Mampu untuk menganalisis dan mengevaluasi dampak terhadap masyarakat, ekonomi, keberlanjutan, kesehatan dan keselamatan, kerangka hukum, dan lingkungan saat menyelesaikan permasalahan teknik yang didefinisikan secara luas.

6) Mampu untuk mengenali kebutuhan akan pembelajaran mandiri dan sepanjang hayat serta berpikir kritis, dan mampu melaksanakannya.

7) Mampu untuk menggunakan dan memanfaatkan semua sumber daya dan teknologi yang dibutuhkan serta menangani keterbatasannya, termasuk dalam hal prediksi dan pemodelan, untuk menyelesaikan permasalahan teknik yang didefinisikan secara luas.

8) Mampu untuk mengidentifikasi dan menerapkan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bidang matematika, ilmu alam, komputasi, dasar-dasar rekayasa, dan keahlian teknik yang sesuai dengan disiplin untuk prosedur, proses, sistem, atau metodologi rekayasa yang terdefinisi dan diterapkan.

9) Mampu untuk mengidentifikasi, menyimpulkan, merumuskan, meneliti dan mengevaluasi literatur, serta menganalisis permasalahan teknik yang didefinisikan secara luas untuk mencapai kesimpulan yang dapat dibuktikan dengan menggunakan alat analisis yang sesuai dengan disiplin atau bidang spesialisasi.

10) Mampu untuk merancang sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang telah diidentifikasi dalam menyelesaikan permasalahan teknik yang didefinisikan secara luas sesuai dengan disiplin, dengan mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan publik, biaya sepanjang siklus hidup, target nol emisi karbon, serta aspek sumber daya, budaya, sosial, dan lingkungan.

11) Mampu untuk secara konsisten mematuhi etika profesi dan norma praktik teknologi rekayasa, termasuk kepatuhan terhadap hukum nasional dan internasional, serta penghormatan terhadap keberagaman dan inklusi.

Profil profesional mandiri (PPM) atau Program Educational Objectives (PEO) adalah tujuan yang ingin dicapai oleh lulusan suatu program studi setelah beberapa tahun bekerja, biasanya 3-5 tahun.
PPM lulusan prodi kapal yaitu:

Profil Profesional Mandiri lulusan Prodi Kapal :
(a) Professional Accomplishment: Lulusan program studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan akan meraih karir yang berhasil sebagai insinyur profesional dibidang rekayasa konstruksi perkapalan, dengan spesialis perancangan dan produksi kapal dengan pemahaman teknis dan regulasi yang baik untuk tetap relevan menghadapi tantangan karir;

(b) Academic Accomplishment: Lulusan program studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dapat terlibat pada berbagai kegiatan pengembangan akademis dan profesional guna mengasah keunggulan kompetitif dalam bingkai pembelajaran sepanjang hayat;

(c) General Accomplishment: Lulusan program studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan menjadi profesional yang bertakwa, berkarakter, berdaya saing dan tangguh, berwawasan maju dan berorientasi pada perkembangan serta memiliki semangat kewirausahaan yang mandiri.

KURIKULUM PROGRAM STUDI

Total masa studi pada Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan adalah 4 tahun (8 semester) dengan total SKS yang harus diselesaikan sebanyak 147 SKS. Kurikulum atau daftar mata kuliah disusun menggunakan konsep taxonomy dengan pembagian mata kuliah sebagai berikut:

  1. Mata kuliah fundamental science sebanyak 25 SKS yang terdiri dari:
  • Mata kuliah Basic science (6 SKS)
  • Mata kuliah National courses & humaniora (19 SKS)
  1. Mata kuliah Basic engineering sebanyak 25 SKS
  2. Mata kuliah utama program studi atau naval construction and engineering sebanyak 61 SKS yang terdiri dari:
  • Bidang pengelasan dan inspeksi (welding & inspection) sebanyak 15 SKS
  • Bidang desain kapal (ship design) sebanyak 25 SKS
  • Bdang produksi, perencanaan dan kontrol (ship production, planning & control) sebanyak 21 SKS
  1. Mata kuliah magang dan tugas akhir sebanyak 36 SKS

Gambar 2. Taxonomy mata kuliah program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan

 

METODE PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI

Metode pembelajaran yang diterapkan di Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran teori
  2. Pembelajaran praktik
  3. Pembelajaran berbasis proyek, PBL (project/product/problem based learning)
  4. Magang 1 tahun atau pada semester 7 dan 8
  5. Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)

Penerapan PBL di Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dilakukan dengan melibatkan beberapa mata kuliah dalam setiap proyeknya. Bentuk-bentuk proyek yang dilakukan berupa proyek riil (proyek yang berasal industri), proyek basis lomba, proyek penelitian dan pengabdian masyarakat. Pelaksanaan metode pembelajaran PBL di Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan dilakukan didalam tim dan di bimbing oleh dosen. Metode PBL ini menitikberatkan pada kemampuan softskill yang diperlukan oleh mahasiswa untuk dapat siap bekerja di industri, kemampuan komunikasi, kerjasama tim, sikap dan etika, kemampuan bahasa inggris, kemampuan analisis dan sistematis, dll.

Beberapa portofolio yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan melalui metode pembelajaran PBL (Project Based Learning) sebagai berikut:

  1. Rancang bangun kapal Ambulance, kerjasama dengan Lembaga Amal Zakat (LAZ) Batam dan RS Awal Bross Batam, https://youtu.be/GULaogskwFY
  2. Desain Kapal KMPB Gadjah Mada dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021 Kategori Desain Kapal Patroli Lepas Pantai (Coastal Patrol Boat), https://polibatam.id/pbl-kmpbgadjahmada
  3. Desain Kapal KPNB Shierra pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021 Kategori Desain Kapal Patroli Lepas Pantai (Coastal Patrol Boat), https://polibatam.id/pbl-kpnbshierra
  4. Desain Kapal KPNB Bahtera Riau pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) Tahun 2021 Kategori Desain Kapal Patroli Lepas Pantai (Offshore Patrol Vessel), https://polibatam.id/pbl-kpnbbahterariau
  5. Desain Kapal pada 8th International Student Design Competition yang di selenggarakan oleh Worldwide Ferry Safety Association (WFSA) tahun 2021, https://polibatam.id/pbl-fsd2021
  6. Desain kapal M.V Shankara pada 9th International Student Design Competition yang di selenggarakan oleh Worldwide Ferry Safety Association (WFSA) tahun 2022, https://youtu.be/X8ntP3nvkMU
  7. Desain Kapal MV Rara Vajar pada 9th International Student Design Competition yang di selenggarakan oleh Worldwide Ferry Safety Association (WFSA) tahun 2022, https://youtu.be/PzQzAskGEWk
  8. Proyek 3D hull structure design dan pipe spooling kapal Tugboat 20 meter, Tugboat 27 meter dan Oil Barge (OB) 2000 KL kerjasama dengan PT. Patria Maritim Perkasa
  9. PBL yang menggabungkan beberapa mata kuliah dalam menghasilkan desain secara komprehensif mulai dari desain rencana garis, general arrangement dan piping system
  10. Dan lain-lain

DOSEN PENGAJAR

Dosen pengajar Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan merupakan lulusan-lulusan terbaik dari kampus nasional dan internasional

  1. Dosen Tetap Program Studi
Hendra Saputra, S.T.,M.Eng

S1: Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

S2: Mechanical-Marine Technology, Universiti Teknologi Malaysia

Bidang Keahlian: Desain dan Sistem Perkapalan (Marine Engineering)

Sapto Wiratno Satoto, S.T.,M.T

S1: Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro

S2: Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Bidang keahlian: Desain dan Konstruksi Kapal (Naval Architecture)

Naufal Abdurrahman, S.T.,M.T

S1: Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro

S2: Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Bidang Keahlian: Desain dan Konstruksi Kapal (Naval Architecture)

Nidia Yuniarsih, S.T.,M.T

S1: Teknik Perkapalan, Universitas Hasanuddin

S2: Teknik Perkapalan, Universitas Hasanuddin

Bidang Keahlian: Desain dan Konstruksi Kapal (Naval Architecture)

Mufti Fathonah Muvariz, S.T.,M.Eng

S1: Ocean Engineering, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

S2: Mechanical-Marine Technology, Universiti Teknology Malaysia

Bidang Keahlian: Desain dan Struktur Bangunan Laut (Offshore Engineering)

Nurman Pamungkas, S.T.,M.T

S1: Teknik Material, Institut Teknologi Bandung

S2: Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Bidang Keahlian: Welding & Inspection

 

Nurul Ulfah, S.Si., M.T

S1: Program Studi Biologi, Institut Teknologi Bandung

S2: Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Bandung

Bidang keahlian: K3 Lingkungan, HSE (Health, Safety and Environment)

Roza Puspita, S.Pd

S1: Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Malang

S2: Kandidat Magister Program Kajian Bahasa Inggris  (English Language Studies), Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Bidang Keahlian: Bahasa Inggris (English Language)

 

  1. Dosen Praktisi (Industri)

Lebih dari 2 tahun, proses pembelajaran di dukung oleh dosen praktisi industri terlibat sebagai pengampu/pengajar mata kuliah:

  • Muhammad Nurmansyah, S.T (Project Engineer, PT. Patria Maritim Perkasa)
  • Galih Andanniyo, S.T (Production Welding Engineer/Project Engineer, PT. NOV Profab)
  • Rico Ary Sona, S.T (PT. Marine CadCam Indonesia)
  • Wachid Ridwan, S.T (PDMS Designer, PT. Wasco Engineering)
  • Arif Junaidi S.T., M.T (Senior Surveyor DNV-GL)
  • Buyung Nul Hakim S.T, M.T (Senior Surveyor DNV-GL)
  • M Nur Muhadi, S.T., M.T (Facility Manager, PT. Wasco Engineering Indonesia)

JALUR MASUK PROGRAM STUDI

Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Program Studi Sarjana Terapan (D4) Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan mengikuti ketentuan PMB yang berlaku di Politeknik Negeri Batam baik untuk calon mahasiswa kelas reguler pagi maupun kelas reguler malam. Informasi lebih lanjut tentang jalur penerimaan mahasiswa baru dapat mengunjungi lama website https://registrasi.polibatam.ac.id/


Download Kurikulum Download Akreditasi