Visi

Menjadi politeknik generasi baru yang bermutu, adaptif, inovatif, dan bermitra erat dengan industri dan masyarakat untuk mendukung Indonesia Maju dan Sejahtera 2045.

Misi

Aktif dalam proses kreasi, penyebaran dan penerapan sains dan teknologi melalui layanan pendidikan tinggi vokasi dan penelitian terapan yang bermutu, terbuka, relevan, dan berkolaborasi erat dengan masyarakat dan industri dengan penerapan tata kelola institusi yang baik untuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

 

Nilai Nilai Organisasi

Nilai-nilai organisasi yang dirangkum menjadi DOUBLE ACTION yang disimbolkan dengan ACTION Kuadrat.

Nilai-nilai tersebut diturunkan dari nilai-nilai universal yang diajarkan oleh agama kita dan harus dimiliki oleh organisasi kita, yang tercermin dari sikap seluruh insan di dalamnya, termasuk mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Nilai yang pertama adalah dua nilai yang diawali dengan huruf A, yaitu ADAPTIVE (mudah beradaptasi) dan AGILE (lincah). Nilai kedua adalah COLLABORATIVE (mengutamakan kolaborasi) dan CUSTOMER CENTRIC (berpusat kepada pelanggan). Nilai yang ketiga adalah TRUSTWORTHY (layak dipercaya) dan TEAM BASED (berkerja dalam tim). Nilai yang keempat adalah INNOVATIVE (mudah berinovasi) dan INTEGRITY (berintegritas). Nilai yang kelima adalah OPEN (terbuka) dan ORGANIC (organisasi yang sederhana). Yang berikutnya adalah NURTURE (mengayomi) dan NATIONALISM (mengutamakan bangsa).

 

Tujuan

  1. Mewujudkan sistem pembelajaran vokasi berbasis kompetensi, bermutu, dan relevan;
  2. Menghasilkan riset aplikatif dan solusi iptek bagi masyarakat yang bermutu dan bermanfaat dan;
  3. Mewujudkan layanan dan tata kelola institusi yang bermutu, efektif, efisien, dan akuntabel.

Sasaran

Untuk tujuan “mewujudkan sistem pembelajaran vokasi berbasis kompetensi, bermutu, dan relevan”, sasaran yang ingin dicapai adalah:

  1. Meningkatnya mutu dan akses layanan pembelajaran vokasi dan sumber daya pembelajaran
  2. Meningkatnya relevansi, daya saing dan kemandirian lulusan

Untuk tujuan “menghasilkan riset aplikatif dan solusi iptek bagi masyarakat yang bermutu dan bermanfaat”, sasaran yang ingin dicapai adalah:

  1. Meningkatnya mutu penelitian dan publikasi penelitian yang dihasilkan
  2. Meningkatnya pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat

Untuk tujuan “mewujudkan layanan dan tata kelola institusi yang bermutu, efektif, efisien, dan akuntabel”, sasaran yang ingin dicapai adalah meningkatnya mutu, efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas kinerja layanan dan tata kelola institusi.

 

Tugas dan Fungsi Politeknik Negeri Batam

Berdasarkan Permendiknas 26 Tahun 2010 tentang pendirian, organisasi dan tata kerja Politeknik Negeri Batam khususnya pada pasal 3 dan pasal 4 disebutkan bahwa, Politeknik mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus yang diwadahi dalam 4 Jurusan yaitu :

  1. Jurusan Teknik Elektro
  2. Jurusan Teknik Informatika
  3. Jurusan Teknik Mesin
  4. Jurusan Manajemen Bisnis

Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, Politeknik menyelenggarakan fungsi:

  1. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan vokasi;
  2. Pelaksanaan penelitian;
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika; dan
  5. Pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi.
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram