Tingkatkan Budaya Publikasi Buku Dan Karya Ilmiah Serta Kewirausahaan Di Politeknik Negeri Batam melalui Produk Intelektual Kampus Polibatam Press

NEWS-Dalam hal mendukung tridharma perguruan tinggi perlu dilakukan publikasi aset intelektual perguruan tinggi kepada masyarakat, sehingga Politeknik Negeri Batam berinisiatif mendirikan penerbit guna memenuhi kebutuhan publikasi karya ilmiah, jurnal dan penerbitan buku ajar di lingkungan politeknik. Penerbit tersebut resmi diberi nama Polibatam Press sebagai  lembaga yang bergerak dalam bidang penerbitan buku ber-ISBN.

Polibatam Press telah bergabung dengan Ikatan Penerbit Indonesia atau yang biasa di sebut IKAPI sebagai anggota luar bisa. Saat ini Polibatam Press beralamat di gedung Prof. Mohamad Nasir kampus Politeknik Negeri Batam.

Di era kemajuan informasi dan teknologi saat ini hampir seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta tidak henti melakukan riset dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan, sains, teknologi, seni, serta menyebar luaskan gagasan, ide-ide cemerlang, dan metodologi baru salah satunya melalui publikasi jurnal, karya ilmiah dan buku. Begitu pula di Politeknik Negeri Batam sivitas akademika maupun mahasiswa setiap tahunnya selalu melakukan riset di bidang sains, teknologi, sosial ekonomi, serta menuliskan berbagai ide, gagasan kreatif, dan teori-teori baru, oleh karenanya untuk menampung potensi tersebut Politeknik Negeri Batam memfasilitasi sivitas akademika maupun mahasiswa melalui Polibatam Press, dengan harapan karya tersebut dapat dipublikasi dan dapat dimanfaatkan oleh dosen sebagai bahan ajar, mahasiswa sebagai referensi pembelajaran serta dapat digunakan oleh masyarakat luas untuk menambah wawasan.

Di era digital yang semakin canggih karya intelektual tersebut tidak hanya di cetak dalam bentuk buku cetakan saja tetapi juga dapat dinikmati secara mudah melalui e-book dan dvd. Selain sebagai penerbit, Polibatam Press juga menyediakan jasa percetakan lain seperti seminar kit, stationary,booklet, tag, kartu nama, x-banner, pamflet, serta produk indoor lainnya.

Sejalan dengan hal tersebut tahun ini, Polibatam Press terpilih sebagai penerima Hibah Kompetitif Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi selama tiga tahun mulai dari tahun 2019 – 2021.

Skema yang berhasil diperoleh Polibatam Press berupa Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang di ketuai oleh Nanik Lestari, SE., M.S.Ak., yang merupakan dosen aktif jurusan Manajemen Bisnis. Skema tersebut juga melibatkan tiga dosen lain dari lintas jurusan diantaranya adalah: Uuf Brajawidagda, S.T, M.T, Ph.D. merupakan dosen aktif dari Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan sekaligus sebagai Pembantu Direktur I bidang Akademik Politeknik Negeri Batam, Metta Santiputri, S.T., M.Sc., Ph.D merupakan dosen aktif dari jurusan Informatika sekaligus sebagai Pimpinan Polibatam Press, dan Mega Mayasari, SE., M.Sc., merupakan dosen aktif di jurusan Manajemen Bisnis.

Sementara itu, Pembantu Direktur I bidang akademik Politeknik Negeri Batam, Uuf Brajawidagda menggungkapkan, Polibatam Press tidak hanya bergerak sebagai lembaga publikasi, “Polibatam Press juga diharapkan dapat menjadi unit usaha produktif kampus , sehingga sivitas akademika maupun mahasiswa tidak lagi berprilaku konsumtif, tetapi juga mampu menghasilkan buku, jurnal, maupun karya ilmiah yang berkualitas dan dapat digunakan oleh masyarakat luas. Serta mengembangkan penjualan buku-buku yang telah diterbitkan dan nantinya diharapkan Polibatam Press dapat melebarkan sayap hingga menjadi sebuah lembaga penerbit dan percetakan yang juga dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mempraktikan langsung ilmu yang didapat ke industri sesungguhnya. Selain itu melalui program PPUPIK ini Polibatam Press juga ikut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja baru sehingga mengurangi angka pengangguran” Ujarnya.

Pada tahun ini Polibatam Press telah menjadi media praktek kerja lapangan (Magang) mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja dan budaya kewirausahaan di Politeknik Negeri Batam dengan merekrut sebanyak 8 mahasiswa lintas jurusan, diantaranya 4 mahasiswa jurusan Informatika sebagai tim desain dan produksi yaitu: Tegar Restiana, Vella Nabillah, Rivalta Luxyana, Mayang Marsitah. Dan 4 mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis sebagai tim accounting, humas, HR, Quality Control dan editor yaitu: Ariq Ramadhan, Intan Nur Arifah, Niki Moktika Dwi, Lioni Asmirelda. Proses rekruetmen dilakukan secara transparent dengan bekerja sama dengan dosen koordinator magang pada jurusan Manajemen Bisnis dan jurusan Teknik Informatika. Sejalan dengan itu proses recruitment dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang ada di Polibatam Press dengan mempertimbangkan jumlah order buku yang belum diselesaikan pada periode sebelumnya.

Polibatam Press menjadi penerbit yang fokus pada dunia penerbitan sivitas akademika, walaupun demikian tidak tertutup kemungkinan bagi pihak luar untuk turut menerbitkan karyanya bersama Polibatam Press. Hingga saat ini terdapat 18 Buku ber-ISBN yang akan terbit, 8 buku ber-ISBN telah di terbitkan di Polibatam Press diantaranya buku-buku bidang Ekonomi yakni: Konsep Pengembangan Kota Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus dan Strategis di Indonesia karya H. Muhammad Zaenuddin, Aplikasi Pemrosesan Akuntansi Studi Kasus PT. Universal karya Nanik Lestari, Tesya Yolanda, Windya Roshinta dan Hendra Gunawan, Stenografi karya Shinta Wahyu Hati, Atiqotun Nisa.

Buku-buku bidang teknologi diantaranya, Pengantar Robotika Teori dan Apilkasinya oleh Hendawan Soebhakti karya Rifqi Amalya Fatekha, Pemrograman Sistem Embeded  Berbasis ARM Cortex-M oleh Indra Hardian Mulyadi, Eko Rudiawan Jamzuri Anugerah Wibisana, Rangkaian Listrik karya Daniel Sutopo Pamungkas, Budi Sugandi, Pengolahan Citra Digital karya Budi Sugandi, Yesi Deviana, Multimedia Media Pembelajaran untuk Menghasilkan Karya Multimedia oleh Evaliata Br. Sembiring. 10 buku lainnya akan diterbitkan dalam waktu dekat. Selain itu, Polibatam Press juga telah menghasilkan produk indoor lain seperti seminar kit, kartu nama, sertifikat, x-banner, pamflet.

Polibatam press juga diharapkan tidak hanya menjadi unit usaha kampus yang hanya berorientasi pada laba sebagaimana halnya seperti penerbit swasta yang ada, tetapi juga dapat menghasilkan buku-buku yang berkualitas, menjaring penulis sebanyak-banyaknya yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara melalui buku, karena buku adalah jendela ilmu, serta mencetak generasi baru yang cerdas dan mempunyai wawasan ilmu pengetahuan luas, serta melakukan pendampingan penulisan buku terhadap dosen-dosen dan seluruh sivitas akademika.

(Polibatam Press)

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram