“Startup 4Happy” Pengembang Game Politeknik Negeri Batam berhasil Menembus Event Tokyo Game Show 2021

PRESTASI-Startup 4Happy, Pengembang game dari mahasiswa politeknik Batam berhasil menorehkan prestasi membanggakan dimana mereka terpilih menjadi salah satu delegeasi dari Indonesia untuk mengikuti eksebisi game terkemuka di dunia yaitu Tokyo Game Show tahun 2021 beserta 18 pengembang game yang lain dari seluruh Indonesia pada bulan September-oktober 2021. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif bekerja sama dengan asosiasi game Indonesia (AGI) adalah pihak yang memfasilitasi para delegasi pengembang game tersebut. Tujuannya adalah agar mendukung eksistensi pelaku industri game di dunia internasional.

Menurut Ervin Ahmad Nur Hidayanto, selaku pendiri Startup 4happy, proses seleksinya sangat ketat. Mereka harus melalui tahapan kurasi sebanyak dua kali dimana kuratornya adalah dari kemenparekraf, AGI (Asosiasi Game Indonesia) serta studio besar game Indonesia. (TOGE PRODUCTION). Kegiatan Tokyo Gme Show 2021 dilakukan setelah event Gamescom 2021 para bulan agustus 2021. Dalam kedua acara tersebut, peserta akan mempresentasikan produk mereka dalam booth pavilion Indonesia dan juga berkesempatan untuk melakukan transaksi bisnis dengan buyer dari mancanegara. Produk game yang akan dipamerkan 4Happy adalah Who is He: Let Me Out, game 3D berbasis PC dengan genre third-person mystery puzzle bertema budaya Indonesia.

Startup 4Happy sendiri merupakan startup yang dibentuk oleh mahasiswa Politeknik Negeri Batam dari lintas program studi yaitu Teknik multimedia dan jaringan, Teknik informatika, animasi dan akuntasi manajerial pada tahun 2018. Menurut Ervin, sebenarnya concept born sudah tejadi pada tahun 2018 namun di masa kuliah ini lah startup mulai difokuskan dan diperjelas arah visi, misi serta model bisnis. Dengan bimbingan dari Dosen Politeknik Batam bidang game yaitu Pak Riwinoto, mereka memulainya melalui kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) di tingkat nasional dan berhasil mendapatkan pendanaan pertama untuk mematangkan produk gamenya.

Langkah 4Happy berlanjut mengikuti Event Top 100 Echelon Asia Summit 2019 di mana 4Happy melakukan presentasi atau pitching untuk region batam. Setelah itu 4Happy mendapatkan nominasi dan mendapatkan tiket acara Echelon Asia Summit 2019 di Singapura. Berkat dukungan kampus Politeknik Negeri Batam 4Happy bisa berangkat menuju singapura untuk menghadiri acara tersebut. 4Happy memperkenalkan produk startup di depan startup dari seluruh dunia lainnya. 4Happy Kembali mengikuti program KMI Award 2019 di mana program ini diikuti oleh seluruh perguruan tinggi nasional yang mempunyai usaha untuk memamerkan produk masing-masing. Dalam program ini 4Happy memenangkan salah satu kategori produk kreatif yaitu Juara 2 KMI Award 2019 bidang industri kreatif.
[13.29, 2/8/2021] +62 813-7878-0502: Setelah mengikuti ekshibisi kewirausahaan selanjutnya mengikuti event ekshibisi game terbesar seindonesia yaitu event Bekraf Gameprime 2019. Berkat dukungan kampus juga 4Happy bisa melaksanakan serta memamerkan produk game di booth ke gamers di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Setelah itu terdapat opportunity untuk mengikut inkubasi startup yaitu Base incubator, inkubasi dilaksanakan selama masa kurang lebih sekitar 3 bulan untuk mematangkan model bisnis startup. Setelah dirasa sudah cukup, 4Happy mendapatkan peluanglagi untuk mengikuti sebuah inkubasi game pertama di indonesia yaitu IGSI (indigo game startup incubation) pada tahun 2020,. Pada inkubasi ini produk game dimatangkan hingga 4 bulan untuk mendapatkan MVP atau vertical slice produk game.
Setelah mendapatkan produk mvp game yang matang, 4Happy masuk ke dalam tahapan selanjutnya setelah IGSI yaitu ICN (indigo creative nation) di mana program ini dilaksanakan oleh Telkom indonesia, 4Happy melakukan tahapan PV (Product Validation) selama 6 bulan untuk mematangkan kembalik produk MVP sebelumnya. Setelah itu 4Happy mengikuti beberapa event kemenparekraf seperti Baparekraf Gameprime 2020, Baparekraf Gameprime 2021 sebelum lolos ke Tokyo Gameshow 2021 & Gamescom 2021 yang difasilitasi oleh kemenparekraf. 

 

#Polibatam #tokyogameshow #kemenparekraf #HumasPolibatam

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram