Polibatam Rancang Ambulance Laut untuk Kepri; Kolaborasi LAZ Batam dan RS Awal Bros Batam

NEWS-Capaian Polibatam di penghujung tahun ini, tepatnya Jumat 27 Desember 2019, lembaga pendidikan tinggi kebanggaan masyarakat Batam, Politeknik Negeri Batam (Polibatam) membuat gebrakan positif. Wujudnya dengan diresmikannya penggunaan Ambulance Laut (Marine Ambulance) untuk masyarakat Kepri oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin di Dermaga TNI AL, Telaga Punggur, Batam.

‘’Ambulance Laut ini karya kolaborasi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam, Politeknik Negeri Batam dan RS Awal Bros Batam,’’ sebut Ketua Tim Teknis Ambulance Laut, Naufal Abdurrahman Prasetyo MT, Selasa (31/12/2019).

Naufal melanjutkan, program pembuatan Ambulance Laut ini telah dirancang dan dibahas sejak pertengangah tahun 2017 lalu. Memang membutuhkan waktu sekitar waktu 2,5 tahun. Agak lama memang. Namun untuk mendapatkan dan menghasilkan produk transportasi laut yang baik, waktu itu tidak terlalu lama.

Ditambahkan Naufal, Ambulance Laut ini tidak lepas dari kerja sama dan saling mengisi dari Direktur LAZ Batam, Syarifuddin ST., ME, Direktur Politeknik Negeri Batam, Dr. Priyono Eko Sanyoto, serta pimpinan RS Awal Bros Batam sebagai pencetus ide sosial ini.

Setelah dirasa siap papar Naufal, pembuatan Ambulance Laut itu mulai dikerjakan. Ini dimulai dengan pembuatan desain yang dikerjakan tim Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal Polibatam selama kurang lebih sepekan.

Kapal yang dirancang menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik masyarakat, operator serta tim medis. Kapal memiliki panjang 8,5 meter, lebar 2,3 meter dan sarat 0,5 meter dengan 2 mesin penggerak luar masing-masing 50 Horse Power (HP). RS Awal Bros Batam akan membantu menyediakan tim medis berupa dokter, perawat, peralatan medis, obat-obatan.

Rencananya, Ambulance Laut ini akan beroperasi mengitari laut dan mendatangi pulau-pulau yang ada di wilayah Kepri. Ambulance Laut ini akan memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat yang ada di pulau-pulau.

(P2M & Humas Polibatam)

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram