Polibatam Juara Umum di Olimpiade Akuntansi Vokasi Tahun 2019 di Palembang

PRESTASI-Kampus Politeknik Negeri Batam kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di tingkat nasional pada ajang Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) ke 8 di Palembang. Kali ini tim Polibatam berhasil menyabet Juara 1 pada lomba Karya Tulis Ilmiah Akuntansi di Palembang pada tanggal 18-20 Juni 2019. Acara SNAV-8 ini dibuka secara langsung oleh Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir.

Adapun rinciannya pemenangnya adalah sebagai berikut Juara 1 Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Juara 2 Polisamarinda, dan Juara 3 STAN. Prestasi untuk bidang akuntansi, Polibatam bisa mengalahkan STAN dua kali rasanya sungguh bangga sekali mengingat STAN merupakan kampus ahlinya akuntansi.

Dexagon war adalah lomba yang mempertaruhkan keberanian, perhitungan, serta ketepatan dalam bidang akuntansi. Pencipta lomba ini adalah polibatam. Lomba ini selalu menjadi sumber daya tarik tersendiri yang mengundang kemeriahan  dari keseluruhan cabang Olimpiade Akuntansi.

OAV ada 3 perlombaan yaitu Cerdas Cermat Akuntansi, Karya Tulis Ilmiah, dan Dexagon War. Alhamdulillah Tim AOV Polibatam meraih juara 1 di 2 kategori perlombaan tersebut serta juara Harapan 1 lomba karya tulis ilmiah Akuntansi.

“Alhamdulillah tim  Polibatam berhasil menyabet juara 1 pada lomba Karya Tulis Ilmiah Akuntansi, Juara 1 Dexagon War dan Juara Harapan 1 Lomba Karya Tulis Akuntansi di ajang SNAC-8  di Palembang. Untuk bidang akuntansi, bisa mengalahkan stan dua kali rasanya sesuatu bingit”, tutur Ibu Dwi Kartikasari, ST, MBA selaku Kajur Manajemen Bisnis Polibatam.

Ajang nasional tahunan seluruh masyarakat Akuntansi Vokasi Indonesia ini menjadi media silaturahmi para pemerhati Akuntansi Indonesia. SNAV merupakan wadah bergengsi eksklusif untuk mempresentasikan hasil riset-riset terapan terbaik dalam bidang akuntansi oleh para peneliti, pendidik, mahasiswa, dan praktisi dari seluruh Indonesia. SNAV telah dijadikan sebagai agenda rutin yang membahas hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi setiap tahunnya.

Dan akhirnya tim Polibatam dinobatkan menjadi Juara umum di Olimpiade Akuntansi Vokasi 2019, Berikut detail prestasi yang berhasil di dapat oleh tim Polibatam dalam ajang SNAV-8 di Politeknik Negeri Sriwijaya tanggal 18-20 Juni 2019.

  • Juara 1 Best Article: Yunes dan Pradipta Eva Julianti, Yunestia dan Kurnia Wulan Widaningsih.
  • Juara 1 Dexagon: Yunestia dan July Artika.
  • Juara Harapan I Best Article: July Artika, Charles Tang, dan Christina.

Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 di masa depan, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir mendorong pendidikan tinggi harus menyiapkan diri dan melakukan perubahan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan tinggi, khususnya prodi akuntansi.

Hal tersebut disampaikan oleh Menristekdikti pada saat menghadiri acara Simposium Nasional Akutansi Vokasi (SNAV) ke 8 dan Olimpiade Akutansi Vokasi (OAV) ke 3 di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (18/6).

“Saya sampaikan kepada semua Direktur Politeknik dan Ketua Program Vokasi yang hadir bahwa perguruan tinggi harus melakukan perubahan yang luar biasa untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Kurikulum prodi akuntansi harus dirancang kembali agar selaras dengan tuntutan revolusi industri 4.0 yang serba digital. Kalau kita tidak berubah ke arah sana kita akan ketinggalan,” ucapnya.

Pada SNAV VIII tahun 2019, diharapkan dapat memberi kesempatan bagi dosen peneliti untuk menunjukkan kepedulian terhadap dunia penelitian ilmiah dan terciptanya komunikasi bisnis, ilmiah dan budaya. Forum ilmiah ini akan dihadiri para peneliti dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan akan mempresentasikan hasil riset bidang akuntansi yang meliputi kajian akuntansi keuangan dan pasar modal, akuntansi managemen, akuntansi publik, audit dan perpajakan, sistem informasi akuntansi, corporate governance, akuntansi syariah, dan akuntansi pendidikan.

Prestasi ini semakin membuktikan bahwa meskipun Politeknik Negeri Batam kampus yang masih muda namun kaya prestasi di tingkat Nasional dan Internasional.

(Humas Polibatam)

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram