Paten dan Pendidikan Tinggi Turut Mendongkrak World Competitiveness Rangking Indonesia

Tahukah #SobatRistekdikti bahwa paten dan pendidikan tinggi turut mendongkrak World Competitiveness Rangking Indonesia.

Menurut IMD World Competitiveness Yearbook (WCY) dalam tingkat daya saing di dunia, Indonesia naik 11 peringkat dari peringkat 43 tahun lalu menjadi peringkat 32 pada 2019.

Dari 15 indikator yang mengalami kenaikan signifikan, terdapat 3 indikator yang didukung oleh Kemenristekdikti yaitu pengajuan paten per kapita (indikator dengan kenaikan tertinggi), pencapaian pada pendidikan tinggi dan peraturan penelitian ilmiah.

Pada indikator pengajuan paten per kapita, tahun lalu Indonesia meraih 0,46 paten per kapita rakyat Indonesia. Tahun ini meningkat menjadi 0,89 paten per kapita.

Berdasarkan data dari negara-negara @asean, Indonesia sudah merajai dalam pendaftaran dan pencatatan paten dalam negeri (domestik). Pada tahun 2018 Indonesia memiliki peningkatan angka paten sekitar 500, yang menjadikan angka paten domestik Indonesia mencapai 2.842 (masih tertinggi di ASEAN – data paten domestik 2019 belum dikeluarkan).

Indikator pencapaian pendidikan tinggi juga meningkat dari 12.6 poin tahun lalu menjadi 16.1 poin pada tahun ini. Hal ini terlihat dari meningkatnya ranking tiga perguruan tinggi terbaik Indonesia pada 300 besar dunia. Berdasarkan laporan QS World University Ranking (QS-WUR 2020) yang dirilis tahun 2019.

Mari #SobatRistekdikti, kita dukung terus tingkat daya saing Indonesia.

(Sumber: Ristekdikti)

#PatenIndonesia #SDMKompetitif #PendidikanTinggiBermutu #BikinIndonesiaMaju #Kemenristekdikti #Ristekdikti #Indonesia

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram