KKT Bahasa dan Budaya Polibatam Gelar Literasi Perpustakaan di Desa Pasir Panjang

NEWS-Politeknik Negeri Batam mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 9 November 2019 di Desa Pasir Panjang Kelurahan Monggak Barelang.  Kegiatan yang bertemakan tentang pembuatan dan perawatan sarana literasi ini dihadiri oleh anak-anak dan kaum ibu warga desa Pasir Panjang. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu warga, yaitu Pak Wildan dan kebetulan rumah beliau digunakan sebagai pusat mengaji dan belajar. Hal inilah yang menjadi keputusan bulat dalam memutuskan lokasi perpustakaan. Sebelumnya juga, banyak juga buku-buku yang tidak terawat dengan rapi di rumah beliau.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Terapan (KKT) Bahasa dan Budaya dan juga merupakan program pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Batam yang diketuai oleh Maryani Septiana, S.Sos., M.Hum. dengan anggotanya adalah beberapa dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sarana literasi berupa perpustakaan dan pengelolaannya kepada warga desa. Manfaat yang dapat diambil dari pengabdian ini adalah terciptanya sarana literasi untuk warga khususnya anak-anak untuk membentuk kebiasaan membaca dalam meningkatkan literasi generasi muda di masa mendatang.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memberikan bantuan berupa rak buku, buku-buku anak dan sesuai dengan usia sekolah dasar dan menengah. Selain memberikan bantuan, Tim Pengabdian Masyarakat juga memberikan pelatihan. Pelatihan yang diberikan adalah cara mengelola perpustakaan dan perawatan koleksi buku perpustakaan. Pelatihan pengelolaan perpustakaan dengan cara mengajarkan mereka untuk meminjam menggunakan kartu anggota perpustakaan. Hal tersebut disambut dengan antusias yang sangat bagus dari anak-anak warga desa.

Setelah memiliki kartu anggota perpustakaan, mereka akan meminjam satu buah buku untuk dibaca dan kemudian setelah selesai mereka akan mengembalikan buku dan mengambil kembali kartu anggota perpustakaan. Selain pelatihan cara meminjam, mereka juga diajarkan cara merawat buku dengan menyampul. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak seusia sekolah menengah, sedangkan anak-anak usia sekolah dasar mendengarkan dongeng dari beberapa anggota tim pengabdian. Melihat antusiasme anak-anak menjadi penyemangat tim pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Batam untuk terus memberikan pengabdian sebagai bagian pelayanan kepada warga masyarakat desa Pasir Panjang.

(KKT Bahasa dan Budaya & Humas Polibatam)

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
Facebook
Twitter
Visit Us
YouTube
Instagram