Teknik Informatika
Teknik Informatika merupakan program studi yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi software dan hardware untuk tujuan tertentu. Lulusan memiliki keterampilan yang baik di bidang pemrograman dan jaringan serta kemampuan tambahan di bidang multimedia.
Menjadi pencetak tenaga vokasional setingkat ahli madya yang tangguh, terampil dan handal dibidang teknologi informasi serta memiliki potensi dan kompetensi belajar yang tinggi.
- Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam suatu sistema akademik yang terstruktur dan terencana untuk menghasilkan tenaga setingkat ahli madya di bidang Teknik Informatika dengan ketrampilan dan kompetensi.
- Melaksanakan riset aplikatif berbasis kemitraan dengan industri dan masyarakat dibidang Teknologi Informasi yang dapat menghasilkan solusi teknologi tepat guna bagi masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup melalui penguatan kualitas sumber daya manusia.
- Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang baik
Para lulusan cocok bekerja sebagai:
- Mobile Application Developer, mampu membuat aplikasi yang berjalan berbasis mobile
- Administrator Jaringan, mampu menjalankan administrasi jaringan
- Administrator Web, mampu menjalankan administrasi sebuah website.
- Desainer Web, mampu mendesain sebuah website.
- Programmer, mampu membuat suatu aplikasi perangkat lunak.
- Desainer Grafis
Laboratorium Jaringan dan Hardware Laboratorium ini merupakan sebuah laboratorium yang diperuntukan untuk kegiatan praktikum, mulai dari praktikum pemrograman, network simulator dengan menggunakan software, praktikum design grafis, dll. Laboratorium ini terdiri dari 30 Komputer mahasiswa dan 1 komputer intruktur. Lab ini juga tersedia alat bantu mengajar yaitu Promethean, sehingga lebih memudahkan instruktur untuk menyampaikan praktikum.
Laboratorium ini lebih khusus atau biasa nya diperuntukan untuk praktikum jaringan komputer, praktikum perangkat keras komputer, dan sistem operasi. Selain komputer, di laboratorium ini juga tersedia server untuk mendukung kegiatan praktikum jaringan komputer.
Laboratorium Pemrograman
Ada tiga laboratorium pemrograman yang diperuntukan untuk kegiatan praktikum pemrograman. Laboratorium ini terdiri dari 30 Komputer mahasiswa dan 1 komputer intruktur. Lab ini juga tersedia alat bantu mengajar yaitu Promethean, sehingga lebih memudahkan instruktur untuk menyampaikan praktikum.
Laboratorium Multimedia
Laboratorium memiliki 30 komputer Macintosh yang canggih dengan dukungan software pengolah grafis, animasi dari Adobe Inc, animasi 3D, serta IDE untuk pengembangan game 2D/3D. Laboratorium multimedia digunakan untuk perkuliahan yang membutuhkan komputasi tinggi di bidang multimedia seperti desain grafis, animasi 2D, animasi 3D dan system editing, serta pemrograman game.
Peluang Kerja
Lulusan Program Studi Teknik Informatika, telah berhasil terserap di dunia usaha dan industri, diantaranya perusahaan IT, software house, BUMN, perusahaan pertambangan, perusahaan manufaktur, perbankan, Pegawai Negeri Sipil, dan wirausaha.
Lulusan dengan peminatan Geomatika memiliki kemampuan praktis dalam penentuan posisi dan survei pemetaan (Positioning and Mapping) dan mampu dalam melaksanakan penyajian informasi dibidang kelautan. Lulusan dapat bekerja sebagai surveyor dan geomatic engineer.
- Peserta Gemastik 2013 Nasional Semi Final.
- Peserta Karate Kumite-67 Kg Putra 2013 Provinsi Juara 2.
- Peserta Futsal 2013 Provinsi Juara 2
- Peserta Bulutangkis 2013 Provinsi Juara 1.
- Peserta Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa 2012 Provinsi Juara 3 Bidang IPS.
- Peserta Lomba Karya Tulis ATB 2011 Lokal Juara 2.
- Peserta PORSENI IX Politeknik Nasional Peserta.
- Peserta volleyball PORSMA Provinsi Juara 3.
- Peserta Pencak Silat PORSENI 2010 Nasional Juara 3.
- Peserta Kontes Robot Nasional 2011 Nasional Juara Umum.
- Peserta KRI 2011 Nasional Juara 1.
- Peserta KRCI Berkaki 2011 Nasional Juara II.
- Peserta KRCI Soccer Humanoid 2011 Nasional Juara II.
- Peserta Kontes Robot Indonesia 2012 Nasional Juara II.
- Peserta National University English Debates Regional X 2012 Nasional Finalis.
- Peserta Kontes Robot Indonesia 2013 Nasional Juara III.
- Peserta Desain Terbaik Nasional Kontes Robot Indonesia 2013 Nasional Juara desain.
- Tim Robot Politeknik Negeri Batam 2013 Nasional Juara I.
- Peserta Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) Regional 1 Sumatera 2014 Nasional Juara I.
- Peserta Kontes Robot Pemadam Api Indonesia 2014 Nasional Juara III.
- Peserta Lomba Indonesia Cyber Army 2013 Nasional Finalis.
- Peserta Lomba Indonesia Cyber Army 2014 Nasional Finalis.
Semester I | |||||||
Kode | Nama | SKS | Jam | Comp | Kelompok Kuliah | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||||
IF101 | Dasar Pemrograman | 4 | 3 | 4 | 7 | MKK | |
IF102 | Organisasi Komputer | 3 | 2 | 4 | 6 | MKK | |
IF103 | Matematika | 2 | 2 | 0 | 2 | MKK | |
IF104 | Pengantar Teknologi Informasi | 3 | 2 | 4 | 6 | MKK | |
IF105 | Pengantar Basis Data | 4 | 3 | 4 | 7 | MKK | |
IF001 | Olahraga I | 1 | 0 | 4 | 4 | MKU | |
IF001 | Pendidikan Agama | 2 | 2 | 0 | 2 | MPK | |
IF004 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 0 | 2 | MPK | |
Jumlah | 8 | 21 | 16 | 20 | 36 | MPK | |
Semester II | |||||||
Kode | Nama | SKS | Jam | Comp | Kelompok Kuliah | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||||
IF206 | Rekayasa Perangkat Lunak I | 3 | 2 | 4 | 6 | MKB | |
IF207 | Pemrograman Basis Data | 4 | 3 | 4 | 7 | MKB | |
IF208 | Pemrograman Web | 3 | 2 | 4 | 6 | MKB | |
IF209 | Jaringan Komputer | 3 | 2 | 4 | 6 | MKB | |
IF210 | Sistem Operasi | 3 | 2 | 4 | 6 | MKK | |
IF313 | Pemrograman Berorientasi Objek | 4 | 3 | 4 | 7 | MKK | |
Jumlah | 6 | 20 | 14 | 24 | 38 | ||
Semester III | |||||||
Kode | Nama | SKS | Jam | Comp | Kelompok Kuliah | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||||
IF211 | Statistik | 2 | 2 | 0 | 4 | MKB | |
IF312 | Rekayasa Perangkat Lunak II | 3 | 3 | 0 | 6 | MKB | |
IF314 | Interaksi Manusia Komputer | 3 | 2 | 4 | 6 | MKB | |
IF315 | Administrasi Sistem Komputer | 3 | 2 | 4 | 6 | MKB | |
IF316 | Sistem Informasi | 4 | 3 | 4 | 7 | MKB | |
IF317 | Data Mining | 3 | 2 | 4 | 6 | MKB | |
Jumlah | 6 | 20 | 16 | 20 | 36 | ||
Semester IV | |||||||
Kode | Nama | SKS | Jam | Comp | Kelompok Kuliah | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||||
IF418 | Proyek Akhir I | 4 | 4 | 0 | 4 | MPB | |
IF421 | Pemrograman Berbasis Perangkat Keras | 3 | 0 | 8 | 11 | MPB | |
IF422 | Kecerdasan Buatan | 2 | 2 | 0 | 4 | MKK | |
IF423 | Jaringan Komputer Lanjut | 2 | 2 | 4 | 8 | MKB | |
IF424 | Multimedia | 3 | 2 | 4 | 9 | MKB | |
IF632 | Pemrograman Perangkat Bergerak | 3 | 1 | 8 | 12 | MKB | |
IF002 | Bahasa Inggris 1 | 3 | 3 | 0 | 6 | MKU | |
Jumlah | 7 | 20 | 14 | 24 | 54 | ||
Semester V | |||||||
Kode | Nama | SKS | Jam | Comp | Kelompok Kuliah | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||||
IF419 | Kewirausahaan | 2 | 2 | 0 | 4 | MBB | |
IF528 | Proyek Akhir II | 6 | 6 | 0 | 12 | MBB | |
IF527 | Keselamatan dan Kesehatan Kerja | 2 | 2 | 0 | 4 | MBB | |
IF003 | Bahasa Inggris II | 3 | 3 | 0 | 6 | MKU | |
IF004 | Olahraga II | 1 | 0 | 4 | 5 | MKU | |
IF002 | Pancasila | 2 | 2 | 0 | 4 | MPK | |
IF003 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | 0 | 4 | MPK | |
Jumlah | 7 | 18 | 17 | 4 | 39 | ||
Semester VI | |||||||
Kode | Nama | SKS | Jam | Comp | Kelompok Kuliah | ||
TEORI | PRAKTEK | TOTAL | |||||
IF525 | Etika Profesi Dunia Kerja | 2 | 0 | 8 | 10 | MBB | |
IF526 | Magang Industri | 4 | 0 | 16 | 20 | MKK | |
IF527 | Pelapor Kerja | 2 | 0 | 8 | 10 | MPB | |
IF631 | Proyek Akhir III | 6 | 6 | 0 | 12 | MKB | |
Jumlah | 4 | 14 | 6 | 32 | 52 | ||
Kelompok Kuliah:
- Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
- Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)
- Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)
- Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB)
- Matakuliah Berkehidupan Bersama (MBB)