D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara
Diploma 3 Teknik Perawatan Pesawat Udara
Program Studi Teknik perawatan Pesawat Udara Politeknik Negeri Batam adalah program diploma 3 yang yang lulusan memiliki Lisensi Dasar / Basic Licence dari DKUPPU Kemenhub. Program Studi yang alumni nya saat ini sangat dibutuhkan oleh industry penerbangan baik nasional maupun internasional.
Profil lulusan Program Studi Aeronautika adalah Teknisi Perawatan Pesawat Udara yang professional (memiliki Lisensi dari DKUPPU),, memiliki disiplin yang tinggi, sehat jamani dan rohani, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan segala peraturan –peraturan Keselamatan Penerbangan sipil / Civil Aviation Safety Regulations (CASR).
Menjadi program studi pencetak tenaga terampil dan handal dibidang perawatan pesawat udara yang memiliki kompetensi yang tinggi.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup melalui penguatan kualitas sumber daya manusia.
- Menyelenggarakan tata kelola organisasi program studi teknik perawatan pesawat udara yang baik.
- Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam suatu sistem akademik yang terstruktur dan terencana untuk menghasilkan tenaga setingkat Ahli Madya di bidang Teknik Perawatan Pesawat Udara dengan keterampilan dan kompetensi.
- Melaksanakan riset aplikatif berbasis kemitraan dengan industri dan masyarakat dibidang Teknik Perawatan Pesawat Udara yang dapat menghasilkan solusi teknologi tepat guna bagi masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan taraf hidup melalui penguatan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang Teknik Perawatan Pesawat Udara.
Jenjang Karir Mekanik Sipil Pesawat Udara
- Mekanik pesawat udara mempunyai tugas ya yaitu melakukan perawatan, perbaikan dan pembongkaran rangka, mesin, komponen dan asesoris pesawat udara sehingga pesawat udara kembali layak terbang (air worthy) dan aman untuk diterbangkan (safe for flight).
- Untuk dapat menjadi mekanik pesawat udara, tahap pertama seseorang harus melalui pendidikan dasar mekanik atau perawatan (basic license training) pesawat udara. Sesuai peraturan, pelatihan tersebut harus dilakukan selama minimal 3000 jam atau kurang lebih selama 18 bulan. Siswa pelatihan ini adalah lulusan SMA IPA atau SMK teknik. Setelah lulus pelatihan dengan materi 40% teori dan 60% praktek maka siswa berhak mendapatkan Basic License dan boleh melakukan perawatan pesawat udara di bawah supervisi dari seorang pemegang AMEL (Aircraft Maintenance Engineer Licence). Jenis pekerjaan yang boleh dilakukan adalah sesuai dengan Basic License yang didapatkan selama pelatihan. Jenis-jenis Basic License adalah:
- A1: Airframe - airplane
- A2: Airframe - helicopter
- A3: Piston engine
- A4: Turbine engine
- C1: Radio
- C2: Instruments
- C4: Electrical
Jenjang Karir Mekanik Pesawat Udara Sipil
- Tahap ke dua dari jenjang karir seorang mekanik pesawat udara adalah menjadi seorang Aircraft Maintenance Engineer (AME). Untuk dapat lisensi AME seorang mekanik pemegang Basic License harus melakukan pelatihan untuk tipe-tipe pesawat tertentu. Seorang AME diperbolehkan melakukan perawatan pesawat udara secara langsung dibantu oleh mekanik-mekanik pemegang Basic Certificate.
- Puncak profesi mekanik pesawat udara adalah menjadi seorang Maintenance Approval holder, yaitu seorang mekanik yang mempunyai otoritas mengijinkan (stamp) pesawat udara yang telah selesai dirawat kembali terbang (return to service/RTS).
Jadi, untuk menjadi mekanik pesawat udara sipil professional, pelatihan pertama yang harus diikuti adalah Basic License Training. Dari seluruh lembaga pelatihan penerbangan yang ada di Indonesia, hanya ada empat lembaga pelatihan mekanik pesawat udara (AMTO) yang menyelenggarakan Basic License Training. Semuanya terdapat di pulau Jawa. Jumlah lulusan dari ke empat lembaga pelatihan ini belum mencukupi jumlah permintaan mekanik pesawat udara di Indonesia. Selain kapasitasnya sudah maksimal, sebelum lulus siswa-siswa-sudah lembaga pelatihan tersebut dipesan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan di tanah air (PT GMF, PT Lion Air, dll.).
- Hanggar
- Lab Bahasa
- Ruang Kelas
- 3 LAB Praktek AMTO
- Asrama Taruna
- Kantin Sehat
- Transportasi untuk Kegiatan Magang
-
Jenjang Karir Mekanik Pesawat Udara Sipil
- Tahap ke dua dari jenjang karir seorang mekanik pesawat udara adalah menjadi seorang Aircraft Maintenance Engineer (AME). Untuk dapat lisensi AME seorang mekanik pemegang Basic License harus melakukan pelatihan untuk tipe-tipe pesawat tertentu. Seorang AME diperbolehkan melakukan perawatan pesawat udara secara langsung dibantu oleh mekanik-mekanik pemegang Basic Certificate.
- Puncak profesi mekanik pesawat udara adalah menjadi seorang Maintenance Approval holder, yaitu seorang mekanik yang mempunyai otoritas mengijinkan (stamp) pesawat udara yang telah selesai dirawat kembali terbang (return to service/RTS).
Jadi, untuk menjadi mekanik pesawat udara sipil professional, pelatihan pertama yang harus diikuti adalah Basic License Training. Dari seluruh lembaga pelatihan penerbangan yang ada di Indonesia, hanya ada empat lembaga pelatihan mekanik pesawat udara (AMTO) yang menyelenggarakan Basic License Training. Semuanya terdapat di pulau Jawa. Jumlah lulusan dari ke empat lembaga pelatihan ini belum mencukupi jumlah permintaan mekanik pesawat udara di Indonesia. Selain kapasitasnya sudah maksimal, sebelum lulus siswa-siswa-sudah lembaga pelatihan tersebut dipesan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan di tanah air (PT GMF, PT Lion Air, dll.).
Kurikulum Diploma 3 Teknik Perawatan Pesawat Udara Politeknik Negeri Batam
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS | |
---|---|---|---|---|
1 | Teori | Praktek | ||
PPU101 | Mathematics | 2 | ||
PPU102 | Physics | 2 | ||
PPU103 | Electrical Fundamental | 2 | 1 | |
PPU104 | Electronic Fundamental | 2 | 1 | |
PPU105 | Aircraft Material | 2 | 1 | |
PPU106 | Airframe Structure 1 | 1 | ||
PPU107 | Aircraft maintenance 1 | 2 | 2 | |
PPU108 | Aerodynamic | 2 | ||
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS | |
2 | Teori | Praktek | ||
PPU201 | Aviation Legislation | 2 | ||
PPU202 | Aircraft Hardware | 5 | 2 | |
PPU203 | Digitec& EIS | 4 | 1 | |
PPU204 | Aircraft Drawing | 1 | 1 | |
PPU205 | Aicraft Maintenance II | 6 | 3 | |
PPU206 | Airframe Structure II | 2 | ||
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS | |
3 | Teori | Praktek | ||
PPU301 | Airframe Practice | 1 | ||
PPU302 | Avionic and electrical system | 3 | 3 | |
PPU303 | Aircraft mechanical system | 3 | 3 | |
PPU304 | Hydraulic system n Landing Gear | 2 | ||
PPU305 | Human Factor | 1 | ||
PPU306 | Piston Engine I | 2 | 2 | |
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS | |
4 | Teori | Praktek | ||
PPU401 | Piston engine II | 3 | 3 | |
PPU402 | Gas Turbine engine | 1 | 3 | |
PPU403 | Engine Electrical System | 3 | 1 | |
PPU404 | Engine Mechanical System | 3 | ||
PPU405 | Propeller | 2 | 1 | |
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS | |
5 | Teori | Praktek | ||
MPK3102 | Indonesia Language | |||
Technical English | ||||
MPK001 | Religion | |||
PPU501 | Magang I | |||
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah | SKS | |
6 | Teori | Praktek | ||
MPK003 | Citizenship | |||
MPK3129 | Pancasila | |||
PPU502 | Magang II |
Kurikulum Diploma 3 TPPU Politeknik Negeri Batam Format PDF Unduh Disini