Hubungi Kami : Phone : +62-778-469856 || Fax : +62-778-463620 || Email : info@polibatam.ac.id
 

Workshop Computational Thinking 2017 Politeknik Negeri Batam


Politeknik Negeri Batam –  Kamis, 2 November 2017, Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri batam menyelenggarakan Workshop Computational Thinking 2017. Acara ini menghadirkan guru-guru  bidang Matematika dan Komputer SMA se-derajat Kota Batam, dengan jumlah 35 peserta.

 

Turut hadir pula Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik, Dr. Uuf Brajawidagda yang memberikan sambutan kepada seluruh peserta, dan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Computation Thinking oleh Ibu Hilda Widyastuti, S.T., M.T. selaku ketua panitia.

 

Pertemuan yang dilangsungkan di ruang 606 Politeknik Negeri Batam ini diadakan sebagai pendahuluan untuk kompetisi Bebras yang rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 18 November 2017 ini. Bebras sendiri adalah sebuah kegiatan bertaraf internasional yang tujuannya adalah untuk mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), di kalangan guru dan murid, serta untuk masyarakat luas. Bebras terdiri dari beberapa bank soal yang kemudian akan dijawab, dimana bank soal tersebut berisikan soal-soal logika yang menitik beratkan pada studi kasus dan pemecahan masalah.

 

Di Indonesia sendiri, Bebras sudah dilangsungkan di berbagai daerah, dan untuk Kota Batam, Politeknik Negeri Batam berkesempatan mejadi biro Bebras. Hilda mengaku optimis peserta kompetisi Bebras nantinya akan mencapai 100 peserta. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat, uang tunai, dan keuntungan bebas tes masuk pada tahun ajaran baru Politeknik Negeri Batam. Tidak hanya pemenang, semua peserta yang mengikuti kompetisi Bebras juga akan mendapatkan sertifikat