Hubungi Kami : Phone : +62-778-469856 || Fax : +62-778-463620 || Email : info@polibatam.ac.id
 

Barelang FC Politeknik Negeri Batam di Urutan 4 Besar Dunia

Tim robot sepak bola Politeknik Negeri Batam (Barelang FC) mengukir sejarah dalam Kejuaraan Sepak Bola Robot Dunia (RoboCup) 2017 yang diselenggarakan di Kinjo-futo, Nagoya, Jepang pada 27 – 30 Juli 2017. Meskipun baru pertama kalinya bermain di ajang RoboCup untuk kategori Humanoid Kid Size, Barelang FC mampu menembus babak semifinal kejuaraan bergengsi tingkat internasional tersebut. Hasil itu modal penting untuk pengembangan robotika di Batam.

Tim robot yang beranggotakan 6 mahasiswa yakni, Hanjaya Mandala, Reno Saputra, Fadhlul Azmi, Akhbar Ferdeansyah, Gobar Bethara, dan Karen Paulus. Enam mahasiswa ini membawa lima robot dalam ajang di Jepang tersebut. Mereka bertanding di kategori humanoid kid size untuk pertama kalinya. ”Kami mewakili Indonesia,” Kelima robot tersebut merupakan hasil riset dan buatan tim di bawah bimbingan Eko Rudiawan, Susanto, Hendawan Soebhakti dan Nur Rafia Dija.

“Tim bertolak dari Batam pada 23 Juli yang lalu. Barelang FC berangkat menuju Jepang dengan tekad mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia,” kata Muslim Ansori Pembantu Direktur III bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama.

Selain Politeknik Negeri Batam, wakil Indonesia di kejuaraan itu adalah tim Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Namun, langkah Ichiro terhenti di 16 besar. Di babak semifinal, Tim Politeknik Negeri Batam yang bernama Barelang FC dikalahkan Rhoban FC dari Perancis. Selanjutnya, Barelang FC mengikuti perebutan juara ketiga pada Minggu siang. Di tahap ini, Barelang FC bertemu CIT Brains dari Jepang yang kemudian meraih peringkat ketiga dan Barelang FC di peringkat keempat.

Kategori humanoid kid size diikuti 17 tim dari 14 negara. seperti Jerman, Inggris, Brasil, Belanda, Italia, Taiwan, China, Meksiko, Korea Selatan, Iran, Indonesia, Jepang, Australia, dan Perancis dan  Indonesia diwakili Barelang FC yang menjadi juara kompetisi sepak bola robot Indonesia 2016.

Bersama official dari manajemen Politeknik Negeri Batam, Official Referee Indonesia, dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Barelang FC mendarat di Chubu Centrair International Airport, Nagoya, Jepang pada 24 Juli lalu. RoboCup 2017 merupakan ajang piala dunia sepak bola robot yang digelar setiap tahun.

Tentunya Hasil di Nagoya juga menambah semangat dosen dan mahasiswa Poltek dalam meneliti dan mengembangkan robotika. Untuk itu kedepannya  Poltek tak hanya meneliti dan mengembangkan robot untuk keperluan kontes, tetapi juga mulai mendapat pesanan robot fungsional dari Singapura.

Setelah kembali menjadi juara 1 tingkat nasional tahun 2017, maka tim Barelang FC bertekad untuk terus meningkatkan capaian internasional ini pada RoboCup Dunia 2018 di Montreal Canada. Kembali lagi jadikanlah contoh semangat berjuang ini prestasi ini untuk para mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam.

Sumber (nasional.sindonews.com)