Hubungi Kami : Phone : +62-778-469856 || Fax : +62-778-463620 || Email : info@polibatam.ac.id
 

Sertifikasi Perawatan Pesawat Terbang

POLIBATAM AERO TRAINING CENTER
AIRCRAFT MAINTENANCE TRAINING ORGANIZATION (AMTO)

 Latar Belakang :

Berdasarkan data statistic pertumbuhan pejalan transportasi udara terbesar dimiliki oleh pasar Regional Asia Pasific dimana CAGR (Compound Annual Growth Rate) sampai dengan tahun 2031 diperkirakan mencapai 5.45% per tahun yang tentu akan diikuti oleh pertumbuhan jumlah armada pesawat terbang dan berimbas pada pertumbuhan kebutuhan akan teknisi pesawat terbang. Indonesia memerlukan lebih dari 800 teknisi pesawat per tahun, sementara dari 5 lembaga penyelenggara Aviation Maintenance Training Organization (AMTO) di Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Politeknik Negeri Batam menyikapi tantangan ini sebagai suatu peluang, terlebih lagi dengan kehadiran sejumlah industry perbaikan dan perawatan pesawat (MRO company) baik yang bersekala local maupun internasional di Batam, menjadikan Batam sebagai pusat perawatan pesawat terbang terbesar di Indonesia bahkan di regional Asean.

 Kurikulum & Latar Pendidikan

Kurikulum Poli-Batam Aero Training Center mengacu pada standart regulasi penerbangan yang berlaku di Indonesia, Civil Aviation Safety Regulation (CASR) Part 147. Pada akhir studi peserta didik wajib mengikuti ujian sertifikasi kompetensi yang diselenggarakan oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoprasian Pesawat Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI. Bagi peserta didik yang kompeten akan mendapatkan General License A1,A3 dan A4.

Untuk membangun kompetensi teknisi pesawat terbang berstandart internasional yang kompeten, disiplin, dan kompetitif, Poli-Batam Aero Training Center menerapkan pola pendidikan boarding school dengan pendekatan semi militer. Peserta didik wajib tinggal di asrama kampus dibina oleh intruktur.

 Prospek Karier Teknisi Pewatan Terbang

Berdasarkan data statistik, tingkat pertumbuhan pengguna transportasi udara (Compound Annual Growth Rate) Asia Pasific sebesar 5,45% per tahun. Tingkat pertumbuhan tersebut merupakan yang terbesar di dunia dan diperkirakan akan terus tumbuh sampai dengan tahun 2031. Data lainnya menyebutkan dalam sisi jumlah penumpang pesawat udara, badara Soekarno Hatta di Jakarta merupakan bandara terbesar ke-9 di dunia.

Tingginya pertumbuhan penumpang pesawat udara di Indonesia tentu akan diikuti oleh pertumbuhan jumlah armada pesawat terbang. Selanjutnya akan berdampak pada tingginya pertumbuhan kebutuhan akan teknisi pesawat terbang. Indonesia membutuhkan lebih dari 800 teknisi pesawat terbang baru per tahun. Di Batam telah beroperasi industri Maintenance, Repair, dan Overhaul (MRO) pesawat terbang yang membutuhkan ratusan teknisi pesawat terbang setiap tahum. Industri MRO luar negeri juga masih membutuhkan teknisi pesawat terbang dalam jumlah yang sangat besar.

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan, dunia penerbangan sangat ketat dalam menerapkan standarisasi dan sertifikasi. Dan profesi teknisi pesawat terbang memiliki standar kompensasi kesejahteraan yang tinggi di tanah air maupun di pasar kerja internasional

 Legalitas & Peluang Kerja Lulusan :

Poli-Batam Aero Training Center sebagai penyelanggaraan pendidikan perawatan pesawat terbang (Aircraft Maintenance Training Organization) di Politeknik Negeri Batam secara resmi telah mendapatkan Certificate of Approval dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan RI Nomor 147D-15. Sehingga proses pendidikannya diakui oleh Pemerintah RI dan lulusannya bisa bekerja di seluruh perusahaan penerbangan di Indonesia maupun di luar negeri.

Untuk penyaluran lulusan, Politeknik Negeri Batam telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan anak dua perusahaan penerbangan terbesar di Tanah Air; PT.Garuda Maintenance Facilities (GMF) AeroAsia dan Lion Teknik.

 Fasilitas :

  1. Laboratorium, material praktikum, pesawat terbang, mesin pesawat, modul, ruang kelas, dan perpustakaan yang telah diverifikasi dan di-approve oleh Kementrian Perhubungan RI
  2. Instruktur telah berpengalaman di airline, mempunyai basic license, dan rating yang relevan dan diakui oleh Kementrian Perhubungan RI.
  3. Asrama mahasiswa
  4. Instruktur pembina mahasiswa
  5. Fasilitas olah raga, fasilitas ibadah, fasilitas umum yang memadai
  6. Seragam
  7. Makan 3x sehari

 Masa Studi Dan Biaya Pendidikan :

Masa studi akan ditempuh selama 18 (delapan belas) bulan efektif dengan biaya pendidikan Rp. 6.950.000 / Bulan

 Persyaratan Peserta Didik :

  1. Lulus SMA/Madrasah Aliyah Jurusan IPA atau SMK Jurusan Penerbangan, atau mesin, atau Listrik atau Elektro
  2. Usia maksimum 24 tahun
  3. Tinggi Badan Minimum 158cm
  4. Lulus ujian tulis matematika, fisika, bahasa inggris dan psikotes
  5. Lulus tes kesehatan mata dan penyakit dalam
  6. Mengisi Folmulir pendaftaran peserta didik

 Pendaftaran :

 

  • Biaya pendaftaran Rp. 300.000
  • Gelombang I

 

Pendaftaran
26 Sept – 27 Okt 2016

Ujian Akademik (B. Inggris, Matematika & Fisika)
29 Oktober 2016
Ujian Psikotes (Jika Lulus Ujian Akademik)
30 Oktober 2016
Pengumuman & Daftar Ulang
7-11 November 2016

 

  • Gelombang II *Jika belum memenuhi peserta

Pendaftaran

31 Okt – 18 Nov 2016

Ujian Akademik (B. Inggris, Matematika & Fisika)
19 November 2016
Ujian Psikotes (Jika Lulus Ujian Akademik)
20 November 2016
Pengumuman & Daftar Ulang

21 November 2016

 

*Kelas akan dibuka apabila memenuhi kuota.

 

Pusat Layanan Informasi Politeknik Negeri Batam
Gedung Utama Politeknik Negeri Batam Lt.Dasar
Telp. 469856 ext, 1017
Email : Info @ polibatam.ac.id
Website: http://www.polibatam.ac.id

Pendaftaran Online http://registrasi.polibatam.ac.id