Hubungi Kami : Phone : +62-778-469856 || Fax : +62-778-463620 || Email : info@polibatam.ac.id
 

Bebras Indonesia Challenge Politeknik Negeri Batam


Politeknik Negeri Batam – Sabtu besok (18/10/2017) mulai pukul 08.30 WIB, KKT Software Development akan mengadakan kompetisi “Bebras Challenge 2017”. Kompetisi ini akan diikuti oleh 185 peserta dari 17 SMA/SMK se-Batam dan hinterland.

Kompetisi “Bebras Challenge” (http://bebras.or.id/) merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan mengedukasi kemampuan problem solving dalam bidang informatika. Kompetisi ini dilaksanakan setiap tahun secara online di 50 negara, termasuk Indonesia. Tahun ini merupakan tahun pertama Politeknik Negeri Batam menjadi Biro Bebras dan melaksanakan kompetisi ini.

Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Pembantu Direktur 1 Bidang Akademik, Dr. Uuf Brajawidagda. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi dan antusiasme dari peserta lomba, serta harapan agar minat ajang perlombaan ini tetap terjaga dan meningkat di tahun-tahun selanjutnya.

Setelah sambutan, peserta diarahkan ke laboraturium komputer jurusan Teknik Informatika. Sebelum memulai perlombaan, peserta diberikan latihan pemanasan selama 20 menit. Setelahnya, peserta lomba diberikan 15 soal oleh panitia mengenai Computational Thinking, yaitu metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika), yang disajikan secara menarik dalam bentuk gambar dalam waktu pengerjaan selama 45 menit.

Selain perlombaan, pada kesempatan ini guru pembina dari masing-masing siswa mendiskusikan peluang kerja sama dengan Politeknik Negeri Batam, salah satunya adalah di bidang pengabdian masyarakat. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penayangan film animasi Tim Root Politeknik Negeri Batam yang tahun ini mendapatkan juara 2 dalam gelaran Lomba Gemastik pada tanggal 1-4 November yang dilangsungkan di Universitas Indonesia.

Pemenang lomba akan diumumkan pada hari Kamis, 23 November 2017 mendatang oleh panitia Bebras Indonesia di laman www.bebras.or.id. Hilda Widyastuti, M.T. selaku ketua panitia mengatakan bahwa Politeknik Negeri Batam sudah menjadi biro Bebras untuk cakupan kota Batam dan acara ini akan menjadi annual event Politeknik Negeri Batam.