» English
 
Halaman Mahasiswa Aktif
Kalender Akademis
 

POLA PENYELENGGARAAN SISTEM AKADEMIK

Sesuai dengan definisi pada UU Pendidikan Tinggi 2012, Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan atau Teknologi. Yang dimaksud dengan pendidikan vokasi adalah Pendidikan Tinggi program diploma yang menyiapkan Mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu

Secara umum, sebagai perguruan tinggi vokasi, sistem akademik yang dikembangkan di setiap program studi di Politeknik Negeri Batam mengacu kepada sistem kerja yang dikembangkan industri dan mengikuti ritme kerja industri. Perkuliahan di setiap program studi dilaksanakan menggunakan sistem paket, selama 6 semester untuk program ahli madya dan 8 semester untuk program sarjana sains terapan. Setiap semester terdiri dari 14 minggu pembelajaran efektif di luar evaluasi pembelajaran dan terdapat 1 semester yang dialokasikan untuk magang industri atau magang kewirausahaan. 

Pola pengajaran dirancang secara sistematis dan komprehensif, mulai dari teori, tutorial hingga praktek melatih keterampilan (hands on), baik melalui pekerjaanlaboratorium, bengkel atau studi kasus. Pola seperti ini akan memudahkan mahasiswa memahami materi pengajaran yang diberikan. Penerapan Teaching Factory, yaitu pembelajaran berbasis permasalahan nyata di industri, diharapkan juga akan memperkaya keterampilan mahasiswa, kepercayaan diri dan kebiasaan bekerja nyata.

Untuk melaksanakan pola pengajaran yang selalu dibarengi dengan latihan dan praktek, mahasiswa Politeknik harus mengikuti perkuliahan selama lima hari, dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.20 WIB. Jadwal kuliah dan praktik tersebut bertujuan memperkenalkan kedisiplinan dan budaya kerja kepada mahasiswa sejak dini. Sebagai pengenalan atmosfer kerja dan pembekalan pengalaman kerja sebelum lulus, mahasiswa juga diwajibkan menjalani praktek (Industrial Attachment) di beberapa industri dan bisnis yang tersebar di Batam dan sekitarnya.

Di masa mendatang, praktek kerja industri di Singapura dan Malaysia akan diprioritaskan guna memberikan pengalaman internasional kepada lulusan.Politeknik Negeri Batam juga akan membekali para lulusannya dengan sertifikat kompetensi, agar mereka memilikl daya saing tinggi

Pola penyelenggaraan di program sarjana sains terapan, hampir sama dengan program Diploma 3, hanya berbeda di  masa studi yang lebih panjang yaitu selama 8 semester dan tambahan mata kuliah yang memuat penguatan kemampuan analitis dan spesialisasi teknis serta penguatan kapasitas manajerial. Selain menguasai kompetensi teknis sesuai program studi, mahasiswa dibekali juga dengan kemampuan pemanfaatan Komputer dan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Selain membuka kelas regular untuk semua program studi yang waktu perkuliahannya dilaksanakan pada pagi hari, Politeknik Negeri Batam membuka kelas khusus karyawan yang waktu perkuliahan dimulai pada malam hari. Selain itu, untuk memberikan kesempatan kepada lulusan diploma 3 untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang sarjana terapan, Polibatam juga membuka program lanjut Jenjang untuk seluruh program studi jenjang D-4 yang dimiliki pada malam hari.

Saat ini juga sedang dikembangkan Program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) baik di jenjang pendidikan D-3 maupun D-4 yang diperuntukkan khusus bagi yang sudah memiliki pengalaman memadai dalam bekerja dimana pengalamannya dapat diakui dan disetarakan dengan suatu mata kuliah tertentu sehingga beban SKS yang harus diambil dapat diminimasi. Politeknik Negeri Batam juga akan dijadikan kampus cerdas atau smart campus, dimana pemanfaatan teknologi informasi akan dioptimalkan.

Seluruh materi kuliah akan ditempatkan di situs e-learning yang dapat diakses mahasiswa dimana pun dan kapan pun. Kendala ruangdan waktu bagi proses pembelajaran akan reduksi agar proses pembelajaran guna menghasilkan tenaga kerja terampil lebih cepat terealisir.

 

PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING

Politeknik Negeri Batam sejak Tahun 2007 telah mengimplementasi sistem pembelajaran elektronik (e-learning system ).  Seluruh mata kuliah di-upload di situs learning Politeknik Negeri Batam yang dapat di akses melalui jaringan internet di alamat http://learning.polibatam.ac.id. Melalui e-learning, mahasiswa dapat mengakses materi setiap mata kuliah secara lebih bebas, kapan saja dan dimana saja. Selain materi perkuliahan, e-learning system yang dikembangkan Politeknik Negeri Batam juga telah mampu mengelola proses pembelajaran termasuk untuk kegiatan evaluasi seperti pengerjaan tugas, kuis, maupun ujian tengah semester dan ujian akhir semester sampai pengelolaan nilai akhir dari suatu mata kuliah. Dengan demikian, proses pembelajaran dapat lebih fleksibel dan akuntabel.

Ke depan, e-Learning system ini akan dikembangkan lebih lengkap sehingga mampu memberikan Layanan Pembelajaran Jarak Jauh (LPJJ) secara utuh dan komprehensif. Harapannya keberadaan e-Leaning System ini dapat meningkatkan akses masyarakat seluas-luasnya untuk memperoleh pendidikan dan pembelajaran walaupun terpisah ruang dan jarak.

Kurikulum yang dibangun berdasarkan kerjasama dan hasil survey dengan pihak industri, ITB, Politeknik Bandung, Singapore Polytechnic, TAFE Illiawara Australia, Nanyang Polytechnic of Singapore dan beberapa Politeknik lain di Indonesia.

Berikut ini jadwal perkuliahan untuk tahun ajaran 2013-2014 File Kalender Akademik TA 2013-2014

Copyright 2012 Politeknik Negeri Batam. All rights reserved